Yuk Cari Tempat Jual Mesin Absensi Manual Terbaik!

Pada era modern ini, kecanggihan mesin menjadi sebuah kebutuhan terutama dalam dunia pekerjaan. Salah satunya adalah adalah kecanggihan dari mesin absensi. Saat ini telah banyak perusahaan yang memanfaatkan kecanggihan mesin absensi yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang dari bagian tubuhnya. Akan tetapi, sebelum adanya mesin absensi biotik terlebih dahulu para perusahaan ini menggunakan absensi manual untuk mencatat kehadiran para karyawan. Itu sebabnya, banyak tempat jual mesin absensi manual yang menawarkan aneka jenis mesin absensi manual dengan bentuk dan tipe yang menarik.

Sebenarnya apa sih manfaat dari mesin absensi? Kalau penasaran, ini dia penjelasannya untuk disimak dengan saksama ya.

· Membentuk kedisiplinan karyawan. Ini dikarenakan mesin absensi juga mencatat waktu kehadiran dari karyawan. Untuk itu, karyawan harus hadir tepat waktu sesuai dengan jam masuk kantor.

· Karyawan akan terlatih untuk lebih menghargai waktu dan disiplin. Hal ini juga berpengaruh terhadap kinerja karyawan, sehingga pekerjaan mernjadi lebih cepat, teratur dan hasil yang didapat juga lebih banyak.

· Karyawan akan mendapatkan gaji sesuai dengan kinerja. Di mana karyawan yang datang terlambat dan pulang lebih cepat dari waktu jam kepulangan kerja maka upah yang diterima akan mendapat potongan. Berbeda dengan karyawan yang pulang lebih lama atau lembur akan mendapatkan upah tambahan.

· Sikap disiplin secara otomatis akan tertanam dalam diri karyawan. Hal ini secara tidak sadar membuat menumbuhkan sikap disiplin pribadi pada karyawan. Di mana karyawan akan terbentuk dan terlatih untuk jujur.

Mesin absensi manual berbentuk cetak kartu adalah mesin absensi yang pertamakali digunakan oleh perusahaan. Mesin yang juga disebut sebagai mesin "cek lok" ini telah ditemukan sejak dua abad yang lalu. cara kerjanya adalah dengan mengidentifikasi karyawan dengan melalui kartu absen. Di mana pada bagian atas mesin absen memiliki lubang untuk memasukan kartu absen dari para karyawan. Terdapat pula jam analog untuk menunjukan waktu. Jadi, pada saat kartu dimasukan, maka pada kartu akan tercetak waktu sesuai dengan jam analog. HRD kantor pun akan mudah mengetahui waktu kedatangan dan kepulangan tiap-tiap karyawan.

Mesin absensi manual jenis ceklok menggunakan kartu khusus yang telah dipindai menggunakan mesin. Terdiri dari kartu clock in dan clock out, sehingga seringkali disebut sebagai mesin ceklok manual. Cara menggunakannya sangat tradisional, yaitu dengan mengindetifikasi karyawan dari masing-masing kartu absen.

Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Absensi Manual

Mesin absensi manual sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan mesin absensi biotik. Walaupun berbeda dengan mesin absensi biotik yang dapat mengetahui identitas karyawan dari bagian tubuhnya, namun mesin absensi manual juga banyak dicari saat ini. Ini dikarenakan mesin absensi manual memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan mesin absensi biotik. Ini yang menjadi pertimbangan para pengusaha ketika mencari tempat jual mesin absensi manual. Sebelum mencari tempat jual mesin absensi manual, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari mesin absensi manual.

Kelebihan

· Memiliki harga yang murah bila dibandingkan dengan mesin absensi sidik jari atau biotik. Itu sebabnya mesin absensi manual seringkali digunakan oleh perusahaan dengan skala kecil. Terutama bagi perusahaan yang jumlah karyawannya hanya di bawah 100 orang, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan pendataan terhadap karyawan.

· Perusahaan menjadi lebih mudah untuk mengetahui adanya karyawan yang terlambat. Ini dikarenakan mesin absensi manual telah memiliki sistem mencetak menggunakan tinta berwarna merah bila waktu kedatangan lebih dari yang ditentukan.

· Waktu yang dicetak oleh mesin pada kertas absensi bersifat real time. Mesin absensi memiliki jam analog yang waktunya telah disesuaikan dengan yang ada pada jam analog di mesin absensi tersebut.

Kekurangan

· Dianggap kurang efisien bila digunakan oleh perusahaan dengan jumlah karyawan yang besar. Ini dikarenakan mesin absensi manual membutuhkan waktu yang lama untuk mengolah data kehadiran.

· Menghabiskan banyak kertas, sehingga akan membuang lebih banyak uang. Perusahaan besar dengan karyawan yang banyak diharuskan untuk menyediakan banyak kertas untuk mencetak kartu absensi kehadiran. Selain pemborosan, dengan membuang banyak kertas juga dianggap tidak baik bagi lingkungan.

· Pengolahan data kehadiran karyawan akan membutuhkan waktu yang lama. Dikarenakan harus dilakukan secara manual, maka akan membutuhkan waktu untuk mencatat data dan kehadiran karyawan.

· Data menjadi kurang akurat. Di mana pada praktiknya, dengan menggunakan mesin absen manual, akan ada banyak praktik titip absen yang dilakukan oleh para karyawan. Ini karena setiap orang dapat dengan mudah untuk melakukan ceklok absensi. Hal ini membuat data yang diolah menjadi dipertanyakan. Jadi, walaupun ada karyawan yang terlambat untuk masuk kerja atau pulang lebih awal akan mendapatkan upah yang sama dengan karyawan yang selalu tepat waktu.

Jenis-Jenis Mesin Absensi Manual

Ada banyak tempat jual mesin absensi manual yang dapat Anda temukan baik offline ataupun online. Di mana mesin absensi manual memiliki banyak produk yang ditawarkan. Apa sajakah itu? Yuk disimak!

Mesin absen Newmark ET-8200 merupakan mesin absen dengan 6 kolom. Di mana mesin ini dapat mencetak rekaman waktu dengan 2 warna, yaitu hitam dan merah. Datanya mudah untuk disetting. Memiliki ukuran 85 m X 185 mm dengan dimensi 180 x 120x 210 mm, mesin ini didukung dengan power supply AC 220V + 10% 50 Hz. Kisaran harga Rp 1.862.000.

Kozure Mesin Absensi KZT-1200 memiliki garansi selama 1 tahun. Mesin dengan ukuran kertas ini dilengkapi dengan AC 220-240 input. Harganya sekitar Rp 1.109.454.

Mesin Absensi Manual Attendance Machine Secure ST-86 dapat merekam waktu tugas pada kartu absensi. Di mana hasil rekaman dapat dicetak dengan dua warna, yaitu hitam dan merah. Waktu pada mesin dapat disesuaikan secara otomatis dengan menggunakan komputer mikro. Alat ini tidak hanya dapat sekaligus menunjukan waktu dari jam dan LCD, namun juga memiliki musik alarm.

Mesin Absensi Kartu – Time Stamp Mesin Validasi Needtek TS 220 dirancang untuk mendukung pendataan kehadiran karyawan pada lingkungan kantor yang profesional. Memiliki dimensi D16.5 x W15 x H18 cm³ dengan peringkat daya 220 – 240 V. Terdapat 17 set untuk pilihan pencetakan. Dilengkapi pula dengan kalender abadi serta Daylinht Saving Time. Uniknya alat ini dapat disetting dalam bahasa Jerman, Inggris, Perancis, Spanyol, Italia, hingga Portugis. Anda dapat membelinya sekitar Rp 2.600.000 dan akan mendapat layanan garansi hingga 1 tahun.

Anda butuh mesin absensi manual sekarang juga? Untuk itu, segera cari tempat jual mesin absensi yang terekomendasi! Jangan sembarangan membeli, Anda harus melihat review barang dan toko dari beberapa pembeli. Jadi jangan mudah tertipu dengan harga yang murah.