Sudah Saatnya Memasyarakatkan Sistem Absensi Wajah

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Teknologi Biometrik

Jauh sebelum abad ini, mungkin ada orang yang tidak menyangka bahwa pada suatu saat nanti orang bisa membayar sesuatu hanya dengan menatap layar. Atau bahkan hanya dengan senyuman.  Mungkin juga tidak ada yang menyangka bahwa orang bisa mengaktifkan atau menghidupkan sebuah perangkat hanya dengan detak jantungnya. Termasuk juga membuka pintu dengan tatapan saja.

Mungkin memang tidak ada yang menyangka bahwa manusia bisa berkembang secanggih ini. Namun, fakta menunjukkan itu. Manusia berkembang begitu jauh. Bisa menciptakan teknologi yang membuat semuanya menjadi begitu mudah.

Yang perlu diketahui tentang teknologi biometrik
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Lihat saja bagaimana sebuah restoran KFC di China, seperti dilansir Cityam pada awal Februari lalu, menggunakan sistem pengenalan wajah yang memungkinkan para pelanggan mereka bisa membayar menu makan malam sambil tersenyum. Perhatikan juga bagaimana orang bisa membuka pintu hanya dengan menempelkan jari. Atau bahkan menjalankan sebuah perangkat hanya dengan suara.

Itu adalah satu dari sekian banyak bukti nyata dari salah satu penemuan besar manusia dalam abad ini: teknologi biometrik. Sebuah terobosan penting dimana seorang manusia (makhluk hidup: bios) bisa diidentifikasi (atau diukur: metron) dengan perangkat teknologi. Yang diukur atau diidentifikasi adalah karakter fisiologis dan perilakunya.

Yang perlu diketahui tentang teknologi biometrik
Biometrik sidik jari (Foto: Istimewa)

Karakter fisiologis meliputi bentuk tubuh dan termasuk, tapi tidak terbatas pada sidik jari, pengenalan wajah, DNA (Deoxyribonucleic acid), telapak tangan, geometri tangan, pengenalan iris (sebagian besar sudah diganti dengan retina), dan bau/aroma. Sementara karakteristik perilaku berhubungan dengan perilaku seseorang. Termasuk di dalamnya adalah gaya berjalan, suara, ritme mengetik, dan kiprah.

Pada umumnya, teknologi biometrik digunakan di tempat di mana proses verifikasi identitas adalah sangat penting atau wajib dilakukan. Contohnya adalah bandara dan bank. Di Brazil, misalnya. Banco Bradesco mengklaim bahwa pihaknya telah mengurangi kecurangan ATM dengan memasang pemindai palm vein di atas 35.000 mesin. Di London City Airport, staf memasang sidik jari mereka untuk zona terlarang.

Yang perlu diketahui tentang teknologi biometrik
Ilustrasi biometrik dalam mobil (Foto: Istimewa)

Dari sektor otomotif, Continental AG telah meluncurkan tingkat keamanan baru berkendara. Perusahaan otomotif terkemuka dari Jerman ini sadar bahwa kunci konvensional saja tidak cukup untuk melindungi kendaraan. Sidik jari juga diperlukan untuk membuka pintu kendaraan dan bahkan menjalankannya. Bahkan harus ada sistem pengenalan wajah dengan mengenali pengemudi melalui posisi duduk.

Perkembangan itu menunjukkan bahwa teknologi biometrik adalah sebuah keniscayaan sejarah. Bahwa pada akhirnya semua orang menggunakan itu untuk meredam kejahatan, melindungi masyarakat banyak, dan meningkatkan produktivitas.

Yang perlu diketahui tentang teknologi biometrik
Ilustrasi biometrik (Foto: Istimewa)

Dr. Richard Guest, seorang pembaca rekayasa sistem biometrik di University of Kent, memimpin proyek untuk meneliti penggunaan biometrik mobile. Ia percaya bahwa biometrik mobile adalah masa depan umat manusia.

Leave a Reply