Voice Recognition Upaya Pengembangan Teknologi Yang Lebih Dinamis

Satu lagi teknologi yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih simple dengan adanya voice recognition. Hebatnya adalah kemampuan untuk mengubah suara seseorang menjadi tulisan sehingga lebih mudah dimengerti oleh banyak orang.

Di mana pada sistem voice recognition dapat dihubungkan pada komputer pribadi sehingga dari adanya voice recognition bisa lebih mudah untuk mengenal suara seseorang. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk semua bidang pekerjaan dan dapat berfungsi dengan baik sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat diselesaikan dengan baik.

Pengertian Voice Recognition

Voice recognition merupakan suatu upaya untuk dapat mengetahui orang lain yang bisa dikenali melalui media suara dengan menggunakan suatu alat yang bisa membantu mengetahui seseorang dari kata-kata yang disampaikannya. Pada voice recognition ini menggunakan sistem biometrik pada organ tubuh seseorang.

Pada kondisi tersebut untuk mengenali suara seseorang bisa saja terjadi suatu kesalahan pada proses pemeriksaan dan pengidentifikasian suara seseorang, di antara penyebabnya adalah:

· Terjadinya salah ucap ketika membaca.

· Kondisi seseorang pada saat itu berada pada posisi tertekan mentalnya.

· Menempatkan posisi microphone pada posisi yang kurang sesuai.

· Seseorang berada pada kondisi yang kurang baik seperti sakit yang berkenaan dengan suara sehingga suara yang dikeluarkan pada saat itu dapat berbeda dari suara aslinya.

Fungsi Voice Recognition

Adapun fungsi dari voice recognition ini adalah agar dapat lebih mudah untuk mengenali seorang invidu berdasarkan suaranya sehingga bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi orang yang saat itu sedang berbicara.

Suara yang dikeluarkan setiap orang hasilnya akan berbeda-beda, suara menjadi bagian tubuh yang sangat penting pada diri manusia. Dari suara salah satunya cara Anda bisa mengenali identitas seseorang saat berbicara. Dengan adanya teknologi melalui suara ini adalah salah satu teknologi biometrik yang tidak membutuhkan terlalu banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Biometrik adalah proses pengenalan yang disertai dengan penggunaan aspek biologi yang terdapat pada diri manusia. Pengenalan fisiologi tersebut salah satunya bisa dikenali melalui suara seseorang. Perkembangan teknologi biometrik bahkan kini sudah semakin dikenal dalam dunia teknologi yang semakin pesat perkembangannya. Aplikasi yang digunakan bisa untuk membuktikan identitas seseorang agar bisa lebih mudah untuk dikenali, salah satunya adalah melalui suaranya.

Perangkat yang dirancang bisa dengan menggunakan:

· Metode Mel Frequency Cepstrum Coefficients (MFCC). Dengan metode MFCC tersebut akan dikonversikannya melalui sinyal suara seseorang pada berbagai vector yang berbeda, dimana fungsinya adalah sebagai upaya untuk lebih mengenali suara dengan lebih baik.

· Metode Dynamic Time Warping (DTW) menjadi suatu upaya untuk lebih mengetahui adanya sinyal berbicara yang digunakan pada saat itu.

Adanya vector hasil dari metode MFCC akan dibuat sebagai perbandingan dengan vector lainnya yang sudah tersimpan dalam data yang sebelumnya sudah dibuat melalui metode DTW sesuai dengan suara individu sebagai identitas yang diakui oleh seseorang sebagai suara aslinya.

Hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian ini sangat dipengaruhi dari panjangnya frame dan terjadinya overlapping untuk mendapatkan pengertian voice recognition yang sebaik-baiknya.

Inovasi Produk Microsoft

Microsoft tidak mau ketinggalan untuk teknologi voice recognition ini, pengembangan teknologi yang dilakukan oleh para peneliti dari Microsoft ini sudah pada teknologi pengenalan suara manusia. Kemampuan para peneliti untuk bisa membuat teknologi tersebut pada akhirnya akan berdampak pada pengembangan produk yang lebih berinovasi dan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Teknologi yang dikembangkan ini menjadi suatu prestasi besar bagi perusahaan yang akan memiliki efek yang lebih baik pada produk Microsoft lainnya seperti Cortana. Bisnis pada produk Microsoft lebih memiliki inovasi dan terjadinya peningkatan untuk lebih menghasilkan produk untuk voice recognition.

Voice recognition terbagi menjadi dua jenis yaitu speaker recognition dan speech recognition. Dengan adanya voice recognition ini akan lebih membantu sehingga bisa mengantikan fungsi penginputan yang selama ini menggunakan keyboard dan juga bantuan mouse karena dengan adanya model pengenalan suara akan menjadi lebih cepat untuk proses identifikasi baik data dan penginputan.

Kelebihan dari voice recognition ini ialah Anda akan bisa lebih mudah untuk mendapatan data yang diperlukan dan juga lebih cepat dengan menggunakan sistem tersebut.

Tahapan Dalam Voice Recognition

Proses dari voice recognition ini terbagi dalam beberapa tahapan di mana satu sama lain saling berkaitan, terdiri dari:

1. Menerima data yang masuk.

2. Menyimpan data yang sudah ada yang kemudian dibuat dalam database yang akan digunakan sebagai template.

3. Berikutnya adalah dimulainya proses mencocokan antara data yang sudah diperoleh dengan membandingkannya dengan suara yang sudah tersimpan pada sistem.

4. Proses mencocokkan dari tata bahasa yang ada dengan adanya database.

5. Pengesahan suara sesuai dengan identitas pemilik suara.

Pengenalan Voice Recognition

Dari voice recognition tersebut akhirnya bisa mengenal suara yang diucapkan oleh seseorang berdasarkan:

1. Proses mengenal suara yang bisa diperoleh melalui suara yang dikenal dari kata yang dilapalkan di mana dari kata yang diucapkan tersebut terdapat adanya jeda antara satu kata dengan kata lainnya.

2. Proses mengenal suara, tetapi pada proses ini jeda waktu untuk melafalkan antara satu kata dengan kata lainnya waktunya menjadi lebih cepat. Sehingga suara dari satu sisi harus diucapkan dengan baik dan sejelas-jelasnya agar bisa mendapatkan suara yang sesuai dengan pemilik identitasnya.

3. Proses mengenal suara dengan waktu yang lebih sedikit karena kata yang diucapkan lebih maju dari pengucapannya sehingga akan lebih berkesinambungan dengan lebih baik. Proses mengenal suara pada tahap ini lebih sulit sehingga dibutuhkan metode yang lebih baik agar bisa mendengar suara yang dikeluarkan dengan baik karena terkait waktunya. Usahakan ketika Anda menggunakan alat ini bisa melafalkannya dengan lebih natural.

4. Proses mengenal suara dengan pengenalan suara yang pengucapannya dilakukan secara spontan tanpa memiliki waktu antara satu kata dengan kata lainnya.

5. Proses mengenal suara melalui kata yang diucapkan oleh seseorang tetapi selain itu menjadi upaya untuk mengenal siapa yang berbicara pada saat itu sesuai dengan identitasnya.

Diharapkan dari pengertian voice recognition ini akan lebih memberikan kemudahan bagi Anda dalam bidang apapun, jenis pekerjaan yang saat ini sedang digeluti. Pekerjaan pun diharapkan bisa dikerjakan dengan lebih baik dan lebih mudah proses pengerjaannya karena dari voice recognition ini pun bisa dihubungan dengan komputer pribadi. Sistem absensi karyawan pun bisa dapat lebih mudah dikerjakan dengan baik bahkan di satu sisi sistem dengan menggunakan voice recognition ini akan bisa lebih mengurangi kecurangan terutama terkait kehadiran seseorang. Suara menjadi identitas seseorang yang lebih mudah dikenali sehingga upaya melalui suara bisa menjadi solusi karena suara setiap orang adalah berbeda antara yang satu dan yang lainnya.