Sudah Tahu Perbedaan Dome Kamera Yang Benar Intip Perbedaannya Berikut!

Sudah Tahu Perbedaan Dome Kamera Yang Benar? Intip Perbedaannya Berikut!

Seperti yang diketahui, bahwa ada banyak variasi dome kamera yang harus diketahui bagi setiap pengguna. Karena dengan mengetahui perbedaannya inilah nantinya akan membuat Anda tahu fungsi dari setiap kamera tersebut dan perbedaannya dengan benar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar dari kamera dome yang Anda gunakan. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan dari variasi kamera dome:

Dome Kamera CCTV Pan Tilt

Kamera tipe ini adalah salah satu jenis kamera CCTV yang bisa memberikan gambar resolusi yang sangat tinggi, yaitu mencapai 540 TVL. Jenis kamera yang satu ini dirancang khusus menggunakan teknologi pemantauan keamanan yang terbaru. Sehingga, kamera CCTV ini bisa digunakan untuk aplikasi apapun. Kamera ini sangat populer dan bisa menggerakkan lensa kameranya ke arah tertentu.

Banyak sekali aksesoris dari jenis dome kamera ini yang tersedia di pasaran. Misalnya saja, seperti joystic yang berguna untuk memudahkan Anda dalam mengontrol kameranya. Ada juga bracket yang berguna untuk proses instalasi indoor dan juga outdoor. Tak hanya itu saja, kamera ini juga bisa menangkap gambar rekaman dari jarak jauh dan dapat digerakkan menggunakan pengontrol.

Kamera jenis ini disebut juga dengan kamera PTZ yang berasal dari singkatan pan, tilt, dan juga zoom yang mencerminkan dari kinerjanya tersendiri. Yaitu, bisa digerakkan sesuai kebutuhan. Sehingga, umumnya jenis kamera ini kerap dipasang di dinding atau di bagian langit-langit lensa yang digerakkan dengan horizontal, vertikal, dan bisa juga diubah jarak fokus lensanya menjadi dekat dan jauh.

Kelebihan Dome Kamera CCTV Pan Tilt

  1. Kamera ini bisa dikontrol lewat DVR, joystick, dan juga software remote viewing. Dengan fitur zoom yang dimilikinya inilah membuat pengguna bisa melihat nomor polisi kendaraan dengan mudah, dan juga bisa memperbesar wajah siapapun dari jauh. Anda juga bisa mengatur jarak pantau ke daerah tertentu. Beberapa tempat yang cocok memakai dome kamera ini adalah stasiun, supermarket, bandara, dll.
  2. Jenis kamera ini butuh kabel tambahan demi mengatur pergerakannya. Kabel yang dibutuhkan adalah RG 59 coaksial dan juga kabel CAT5. Keduanya berguna untuk mengontrol kamera secara langsung lewat bantuan koneksi internet. Sehingga, hal ini membuatnya semakin canggih. Karena kini Anda bisa mengatur sendiri gerakannya di tempat-tempat yang Anda kira sedikit bermasalah.

Dome Kamera CCTV Indoor

Untuk jenis dome kamera indoor ini berguna untuk memantau di ruangna indoor. Untuk jenis kamera ini juga menyediakan fitur high definition untuk resolusi tinggi. Kemudian, fitur day or night yang berguna untuk memantau dalam kondisi gelap di malam hari dan siang hari. Ada juga infrared night vision yang berguna untuk merekam dalam kondisi yang gelap.

Dimana secara otomatis kamera ini bisa menjadi hitam putih saat tidak ada cahaya. Namun, khusus untuk jenis kamera yang satu ini umumnya cuma dipakai untuk ruangan yang tertutup saja. Sama seperti namanya, yaitu kamera CCTV indoor. Dimana kamera ini punya housing dari plastik. Lensa yang dipakai berukuran 3.6 mm dan dirancang khusus untuk diletakkan di sudut ruangan yang berukuran kecil.

Fitur Dome Kamera CCTV Indoor dan Kelebihannya

  1. Untuk jenis kamera dome inipun juga memiliki fitur day or night. Di mana itu berarti bahwa, kamera ini punya sensor yang bisa mendeteksi tingkat cahaya yang ada dalam ruangan itu. Jadi, saat cahayanya sedang minim, hal ini akan membuat mode penglihatan di malam hari atau night mode langsung aktif secara otomatis.
  2. Tampilan tangkapan kameranya menjadi hitam putih dan LED infrared menyala, jika kondisi ruangan sedang gelap. Karena kamera ini dirancang khusus memiliki fitur smart IR yang bisa menyesuaikan terhadap intensitas pencahayaan infrared berdasarkan pada jarak objeknya. Apakah sedang mendekat dari kamera atau jauh dari kamera. Sehingga, hal ini akan memudahkan penggunanya untuk menggunakannya sesuai kebutuhan.

Maka, yang membuatnya semakin menarik adalah, karena instalasi kamera indoor ini sangat mudah sekali! Kamera ini bisa terhubung ke semua jenis DVD recorder, DVR, capture card, TV, dll. Hal yang harus dilakukan hanyalah memakai adaptor dan juga menyambungkan kabel BNC ke dalam media perekam Anda. Namun, sebelum memilih kamera dome ini, sebaiknya sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Bila Anda membutuhkan pengawasan ruangan yang difokuskan di malam hari di ruangan yang sedikit gelap, sebaiknya pilih saja kamera dome yang memiliki inframerah di dalamnya. Sedangkan, bila Anda membutuhkan kamera CCTV yang rentan terhadap perusakan, maka Anda harus memilih jenis kamera dome dari vandalproof series. Sementara itu, bila Anda membutuhkan kamera yang di khususnya dalam ruangan, Anda bisa memilih kamera indoor.

Memilih kamera indoor yang memiliki desain dan teknologi yang tinggi bisa memberikan sistem pengawasan yang lebih tinggi dan maksimal. Jenis kamera ini bisa meningkatkan stabilitas dan juga keandalan dari sistem keamanan menjadi lebih baik. Karena kamera ini bisa berputar nyaris tanpa terdengar suara. Selain itu, didalamnya juga memiliki banyak fungsi yang bisa memberikan gambar yang maksimal.

Kamera speed indoor mempunyai built in zoom, decorder, PTZ, dan infrared yang cukup kompak dengan ukuran yang pas dan penampilan yang menarik. Fitur PTZ ini bisa sejauh 360 derajat di posisi pan. Sedangkan di posisi tilt vertikal bisa mencapai 90 derajat dan juga 180 derajat, bisa membalik ke bagian bawah secara otomatis.

Jadi, jenis kamera ini berfokus pada kecepatan otomatis dalam mengambil gambar agar lebih mudah. Disamping itu, dengan fitur built in decoder yang dimilikinya inilah membuat perawatannya lebih mudah dan proses instalasinya juga lebih mudah. Kelebihan dari kamera ini adalah memiliki kinerja yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan kamera ini punya driver motor stepper dan punya chip yang canggih.

Selain itu, kamera ini juga punya motorik yang tahan lama, dengan rotasi yang halus, dan penempatan posisi yang cukup akurat. Fitur yang dimilikinya berguna sekali untuk memberikan sistem pengawasan yang akurat. Karena kemampuan rotasinya cukup handal. Speed kamera dome ini juga punya zoom optikal dan digital yang memudahkan Anda bila ingin berganti casing.

Ada juga input alarm yang bisa dipakai secara bersamaan dengan fitur terhadap detektor gerakan otomatis. Sehingga, hal ini mampu memberikan keamanan lebih dalam memantau lokasi area. Karena dengan fitur auto tracking yang dimilikinya inilah membuatnya secara otomatis melacak saat ada pergerakan dari objek target sesudah terdeteksi dan akan mengabaikan objek lain untuk sementara waktu.

Disamping itu, ada pula fasilitas berupa lock manual. Dimana hal ini membuatnya bisa melihat objek dari jarak jauh dengan gerakan yang lebih cepat. Bahkan, dalam tipe tertentu, kamera ini bisa memperbesar objek yang kecil dan jauh. Fitur ini berguna sekali saat tidak ada orang yang ditugaskan secara khusus memonitor sistem keamanan menggunakan dome kamera.