Sudah Saatnya Memasyarakatkan Sistem Absensi Wajah

ZKTeco Face Recognition
Waktu baca : 3 menit

Absensi wajah memang terdengar masih asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Belum terlalu populer di tanah air. Namun, itu tidak lantas berarti bahwa absensi dengan sistem pemindaian wajah ini benar-benar baru.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, sejumlah pemerintah daerah dan lembaga pendidikan mulai menggunakan sistem absensi dengan teknologi deteksi wajah. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3, Palembang, Sumatera Selatan, misalnya. Sejak 2014 lalu, sekolah ini sudah menggunakan mesin absensi wajah.

Di Salatiga, sejak April 2016 lalu, Pemerintah Kota Salatiga memberlakukan absensi dengan sistem pemindai wajah di sejumlah sekolah yang bernaung di bawah dinas pendidikan. Di Bali, seperti dilansir dari nusabali.com, Dinas Pendidikan Klungkung menggalakkan penggunaan absensi wajah di sejumlah sekolah sejak awal tahun ini. Ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan disiplin dan tanggung jawab para guru dan pengajar.

Penggunaan mesin absensi wajah
Para siswi sebuah SMA di Yogyakarta melakukan absensi wajah (Foto: Istimewa)

Di lingkungan pemerintah daerah pun sama. Mesin absensi wajah dianggap “harus” digunakan untuk membuat para ASN (aparatur sipil negara) lebih berdisiplin dan bertanggung jawab. Pada Agustus lalu, seperti dilansir manado.tribunnews.com, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menerapkan absensi dengan sistem pemindai wajah.

Sebelum Pemkab Bolsel, Provinsi Banten sudah menggalakkan hal itu. Dilansir kabar-banten.com, H. Wahidin Halim, Gubernur Banten, memberlakukan sistem absensi wajah kepada seluruh ASN. Dengan sistem absensi wajah seperti itu, tingkat kedisiplinan para ASN/PNS bisa diukur.

Penggunaan mesin absensi wajah
Proses absensi wajah di sebuah kantor pemerintahan di Kabupaten Banyuwangi (Foto: Istimewa)

Sebelum mulai digunakan dalam lingkungan pemerintahan, mesin absensi wajah sudah merupakan bagian tak terpisahkan dari efektivitas dan produktivitas para karyawan di sejumlah perusahaan swasta. Para karyawan menjadi lebih berdisiplin. Mengapa? Karena tidak ada kemungkinan untuk memalsukan kehadiran. Wajah tidak bisa dipalsukan.

Meningkatnya level kedisiplinan berimbas pada produktivitas. Semakin tinggi tingkat kedisiplinan seorang karyawan, semakin tinggi pula tingkat produktivitasnya. Semakin tinggi tingkat produktivitas seorang karyawan, semakin besar peluang perusahaan untuk meraih kesuksesan.

Penggunaan mesin absensi wajah
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Produk berkualitas
Mengingat produktivitas sebanding dengan kedisiplinan, tidaklah berlebihan jika pemerintah memberlakukan absensi dengan sistem pengenalan wajah kepada para ASN. Sekolah-sekolah negeri mulai diharuskan untuk menggunakan absensi wajah. Lembaga pendidikan swasta pun didorong untuk mengambil langkah yang sama. Demikian juga perusahaan swasta lainnya.

Lantas mesin absensi wajah seperti apa yang bisa mendukung langkah ini? Di mana kamu harus membeli mesin absensi wajah yang berkualitas?

Penggunaan mesin absensi wajah
ZKTeco KF 160 (Foto: ZKTeco Indonesia)

ZKTeco Indonesia, sebuah perusahaan global terkemuka yang fokus dalam industri manajemen sekuriti dan mesin absensi, menghadirkan mesin absensi berkualitas tinggi. Tidak hanya mesin absensi sidik jari dan kartu identitas, tetapi juga mesin absensi wajah dan multibiometrik. Semuanya dirancang dengan teknologi tinggi, sehingga presisi dan akurasinya tinggi.

Dari kategori mesin absensi wajah, ZKTeco punya beberapa varian unggulan. ZKTeco KF 160, misalnya. Mesin ini melakukan proses verifikasi (pemindaian wajah) dalam waktu kurang dari 1 detik. Dan mesin ini bisa memindai 1.500 wajah.

Penggunaan mesin absensi wajah
ZKTeco KF 460 (Foto: ZKTeco)

ZKTeco KF 460 juga melakukan proses verifikasi kurang dari 1 detik. Kapasitasnya memang hanya 800 gambar wajah dan 1.000 kartu ID. Namun, mesin ini punya banyak fungsi standar, yaitu SMS, DST, schedule-bell-self-service query, automatic status switch, T9 input, photo ID, camera, multiverification, dan RSD232 printer. Mesin ini juga dilengkapi dengan alarm, sensor pintu, dan exit button.

Selain KF160 dan KF460, ZKTeco Indonesia pun memiliki beberapa jenis mesin absensi wajah lainnya. Ada ZKTeco VF 780, ZKTeco KF 100, ZKTeco KF 200, dan uFace 401 dan uFace 402.