Sejarah, Kelebihan, Dan Kelemahan Google Chrome Dibanding OS Lainnya

Sama seperti lainnya, pasti terdapat beberapa kelemahan dan kelebihan Google Chrome yang dirasakan oleh pemakainya. Google Chrome merupakan suatu aplikasi peramban yang mempunyai fungsi untuk berselancar atau menjelajah di internet sebagaimana Opera, Firefox, dan Edge. Jika Opera dikembangkan oleh Opera Software, Firefox oleh Mozilla dan Edge oleh Microsoft, maka Google Chrome merupakan milik dari perusahaan Google sebagai pengembangnya.

Sejarah Kehadiran Dan Perkembangan Google Chrome

Google Chrome versi beta untuk pertamakalinya dikenalkan ke masyarakat dunia pada tanggal 2 September 2008. Pada versi ini, Google masih mengandalkan mesin rendering webkit dan hanya tersedia untuk sistem operasi Windows XP saja. Tapi tidak lama kemudian persisnya pada tanggal 11 Desember 2008, Google Chrome mulai dirilis ke publik.

Dalam waktu yang sangat singkat sejak pemunculannya pertama kali, Google Chrome langsung berhasil menyita perhatian pengguna internet. Memang, pada awalnya perangkat ini hanya diklaim dapat meraih pangsa pemakai internet sebanyak 1% saja, kemudian jatuh menjadi 0,69% di bulan Oktober 2008. Akan tetapi setelah dihadirkan versi stabil pada bulan Oktober di tahun yang sama, jumlah penggunanya kembali naik menjadi lebih dari 1%.

Setelah berhasil mengembangkan pada versi Windows, perusahaan Google langsung menciptakan versi OSX di awal tahun 2009. Lalu untuk versi preview, mulai dirisil pada tanggal 4 Juni di tahun itu juga. Selanjutnya pada bulan Desember 2009, dirilis versi terbaru berikutnya yaitu OS X serta keluar dari fave preview menuju versi beta dan versi ini juga dapat digunakan pada sistem Linux.

Kemudian terakhir pada tanggal 25 Mei 2010 diluncurkan versi stabil berikutnya yang bisa dipakai di semua jenis platform komputer dan desktop. Melalui berbagai langkah tersebut, Google Chrome pada tahun 2015 berhasil meraih jumlah pengguna sebanyak 58%. Jika digabung dengan pemakai smartphone, pangsa pemakai yang berhasil direbut adalah 45%.

Kelebihan Google Chrome

Bericara tentang hal-hal yang berhubungan dengan kelebihan dan kelemahan Google Chrome, maka sudah sepantasnya apabila yang diulas pertamakali adalah kelebihannya lebih dulu. Terlebih lagi keunggulan yang dimilikinya tidak bisa ditemukan oleh sistem OS atau browser lainnya.

1. Cepat Dan Ringan

Semua pengguna internet pasti berani mengaku jika sistem OS Google Chrome sangat cepat dan ringan untuk mengakses internet. Bisa dikatakan bahwa Google Chrome merupakan browser yang ukurannya paling ringan dibanding browser yang lain.

Apalagi setelah Google berhasil membangun mesin JavaScript terbaru yang dilengkapi teknologi eksprerimental yang disebut dengan nama V8. Mesin JavaScript tersebut dapat digunakan untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan berat dan pemakaaian aplikasi yang kompleks misalnya Gmail.

2. Sangat Aman Dioperasikan

Saat ini Google Chrome telah dilengkapi oleh suatu sisten pendektesian malware dan phising yang bisa menjalankan fungsinya secara otomatis. Jadi ketika ada pengguna internet yang tanpa sengaja membuka situs yang sifatnya membahayakan komputer atau smartphone, akan langsung mendapat pemberitahuan.

Bahkan selain itu setiap tab selalu dilengkapi dengan sistem pengaman tambahan yang dinamakan Sandbox. Sistem pengaman tambahan ini akan memberi batasan interaksi antara halaman website dengan perangkat komputer dan smartphone.

3. Sistem Pencarian Sangat Update

Keunggulan atau kelebihan dan kekurangan Google Chrome lainnya berhubungan erat dengan urusan sistem pencarian. Dalam hal ini, Google Chrome jelas lebih unggul karena pencarian teks-nya terbilang sangat nyaman. Misalnya ketika ada yang mengetik suatu kata kunci atau keyword, secara otomatis Google Chrome akan melakukan proses indeks terhadap segala macam teks paling relevan dan memberinya tanda berupa warna kuning bening.

4. Sistem Penyamaran

Maksud dari sistem penyamaran di sini adalah, Google Chrome memiliki fitur khusus yang bisa menjalankan suatu teknik yang sangat unuk. Pengguna bisa melakukan settingan khusus, sehingga semua history atau riwayat situs maupun halaman web yang pernah dibuka beserta file yang sudah diunduh tidak disimpan di dalam data riwayat penjelajahan.

5. Bebas Risiko Penipuan

Kelebihan berikutnya yang terdapat dalam penggunaan Google Chrome adalah kemampuaannya untuk mendekteksi adanya penipuan. Sehubungan dengan hal ini, Google Chrome akan memberi tanda dan peringatan berupa tulisan yang lebih tebal jika situs yang akan dibuka oleh pemakaianya terindikasi merupakan situs penipuan atau website spam dan abal-abal.

6. Sistem Pengelolaan Tab

Pada masing-masing tab yang telah dibuka oleh browser Google Chrome, selalu dilengkapi dengan sistem pengelolaan khusus. Jadi jika ada tab yang mengandung kesalahan atau error, dijamin tidak akan memberi pengaruh pada tab-tab yang lain. Sehingga tab lainnya tersebut tetap bisa dijalankan secara normal tanpa ada sedikitpun gangguan yang muncul.

Kelemahan Google Chrome

Tidak ada satupun produk yang sempurna dalam penciptaannya. Demikian pula dengan teknologi pemakaian internet. Banyak yang membahas adanya kelebihan dan kelemahan Google Chrome dan saat ini yang dibicarakan adalah sisi kelemahannya.

1. Tingkat Privacitas

Google melakukan proses penyimpanan sekitar 2% interpretation atau pencarian pemakainya dan hal ini termasuk juga alamat IP. Meski pada saat-saat tertentu proses pencarian identitas pemakai tersebut dianonimkan, namun tetap saja ada kemungkinan bahwa Goolge tetap dapat mengetahui siapa saja yang menggunakan fasilitasnya. Bahkan termasuk juga lokasi dimana pemakai tersebut berada. Hal ini tentu saja sangat mengurangi privacitas penggunaannya.

2. Lisensi

Beberapa waktu pihak Google pernah mencantumkan ada kolon ‘term of service’ mereka terkait dengan lisensi. Disebutkan jika semua materi dari pemakai yang hak ciptanya dipegang oleh para pengguna, akan dianggap apabila hak cipta tersebut secara otomatis diserahkan kepada perusahaan Google. Artinya, pengguna tidak akan memiliki hak cipta kembali.

Namun untungnya untuk saat ini indicate atau peraturan tersebut sudah dicabut. Masalah yang ada kaitannya dengan hal ini sempat menjadi perhatian utama publik dan dianggap sebagai salah satu kelebihan dan kelemahan Google Chrome secara umum.

3. Sistem Keamanan

Beberapa waktu ada beberapa ahli confidence yang berhasil menemukan dan membuktikan adanya suatu bugs atau celah kecil pada Google Chrome sehubungan dengan sistem keamanannya. Ketika ada pengguna yang membuat suatu halaman situs kemudian terjadi crash, ternyata Google Chrome mempunyai underline download secara otomatis.

Kondisi ini memunculkan sebuah kemungkinan bagi para hacker untuk melakukan pencurian atau perusakan data. Sehingga bisa dikatakan apabila sistem pengamanan pada browser ini masih belum sempurna karena ternyata masih ada celah yang bisa dimasuki oleh hacker tersebut.

4. Kelengkapan Fitur

Saat ini browser Firefox telah dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi dan fitur tambahan yang dapat membuat para pemakainya menjadi semakin mudah meningkatkan sistem kerja atas browser tersebut. Namun untuk Google Chrome, ternyata fitur-fitur tersebut tidak ada. Bahkan untuk fitur yang sifatnya sangat penting bagi sebagian orang seperti plugin, addons dan extension, juga tidak bisa ditambahkan.

5. Bahasa

Kelemahan berikutnya yang dirasakan pengguna ketika memakai Google Chrome saat menjelajahi internet adalah masalah bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Ketika memilih bahasa ini, susunan kata maupun kalimatnya terasa janggal dan aneh. Namun bagi yang sudah berpenglaman, tentunya tidak akan kesulitan untuk mengartikannya.

Selanjutnya secara umum, menurut pengalaman selama ini Google Chrome bisa dikatakan sangat efektif untuk dipakai. Karena itu tidak mengherankan jika banyak sekali penjelajah internet yang memilihnya. Semoga pejelasan sederhana tentang kelebihan dan kelemahan Google Chrome ini bisa bermanfaat untuk semuanya.