Amankan rumah dengan smart door lock

Segera Amankan Rumahmu dengan Smart Door Lock!

Peristiwa perampokan sekaligus penyekapan penghuni rumah semakin marak terjadi belakangan ini. Masih jelas dalam ingatan kita peristiwa nahas yang terjadi pada penghujung tahun 2016 lalu. Dodi Triono bersama anak-anak, pembantu, pengasuh, dan sopirnya disekap para perampok dalam rumah mewahnya di kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Mereka disekap Ramlan Butarbutar dan tiga orang temannya dalam kamar mandi berukuran 1,5 x 2 m.

Dari 11 orang yang disekap itu, 6 orang di antaranya meninggal dunia. Mereka adalah Dodi, 2 orang putrinya, seorang teman dari anaknya, dan 2 orang sopirnya. Mereka meninggal dunia karena kehabisan oksigen.

Amankan rumah dengan smart door lock
Rumah (alm) Dodi Triono (Foto: Istimewa)

Menjelang akhir tahun lalu, sebuah rumah mewah di kawasan perumahan Villa Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, disatroni dua orang perampok. Mereka menggondol barang elektronik dan brankas berisi uang ratusan juta rupiah. Mereka melakukannya setelah menyekap dua penghuni rumah.

Dua bulan yang lalu, tiga orang perampok beraksi di sebuah rumah mewah di Rawamangun, Pekanbaru. Mereka menggasak sejumlah barang berharga. Sebelumnya mereka terlebih dahulu menyekap pembantu dan anaknya.

Amankan rumah dengan smart door lock
Rumah mewah di Pekanbaru disatroni perampok pada siang hari (Foto: cakaplah.com)

Berbagai peristiwa perampokan dan penyekapan itu membuat orang sadar bahwa menutup pagar dan mengunci pintu dengan “kunci konvensional” saja tidak cukup. Dalam kasus perampokan rumah mewah di Kedoya, para pelaku menjebol pintu rumah dengan linggis. Dalam banyak kasus lain, para perampok menggasak isi rumah atau kantor setelah membuka pintu dengan cara menyiramkan air keras pada gembok dan memanaskan lubang kunci.

Lalu kunci seperti apa yang dibutuhkan? Kunci seperti apa yang harus dipasang untuk memastikan bahwa tidak akan ada orang yang tidak berkepentingan yang masuk dengan begitu mudah ke dalam rumahmu atau bahkan ke dalam kamarmu.

Amankan rumah dengan smart door lock
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dalam beberapa tahun belakangan ini, sudah banyak orang yang menggunakan kunci rumah yang lebih canggih. Namanya smart door lock. Dulu, kunci seperti ini hanya digunakan di kantor-kantor dengan jumlah karyawan yang banyak. Juga di hotel-hotel. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, kunci seperti itu pun dipasang juga di rumah.

Sesuai dengan namanya, kunci ini adalah kunci pintar. Dibuat dengan teknologi tinggi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penghuni, baik penghuni rumah, maupun penghuni hotel dan karyawan kantor.

Amankan rumah dengan smart door lock
Smart door lock ZKTeco LH6000 (Foto: ZKTeco)

Saat ini, teknologi door lock dirancang dalam banyak varian. Ada yang menggunakan smart card (seperti RFID), biometrik (seperti sidik jari atau lensa mata), PIN, Bluetooth, dan ada yang menggunakan teknologi nirkabel atau wireless. Beberapa teknologi door lock bahkan memungkinkan orang membuka pintu dari jarak jauh dengan aplikasi khusus dan melalui ponsel pintar. Tambahan lagi, teknologi door lock juga bisa diintegrasikan dengan sistem home automation sebagai bagian dari sistem keamanan dan perlindungan rumah, hotel, dan kantor.

Amankan rumah dengan smart door lock
Smart door lock ZKTeco LH5000 (Foto: ZKTeco)

Kunci seperti ini bisa dipasang pada pintu utama rumah. Bisa juga dipasang pada pintu kamar tidur. Bahkan beberapa orang memasang kunci pintar seperti ini pada pintu ruangan khusus di mana mereka menyimpan barang-barang berharga.

ZKTeco Indonesia menyediakan kunci pintar dengan teknologi tinggi untuk menjamin keamanan rumah dan tempat kerja Anda. Salah satunya adalah ZKTeco LH6000. Kunci pintar ini menggunakan kartu Mifare 13.56 MHz yang canggih. Kunci bermaterial zinc alloy ini merekam hingga 224 catatan jejak audit.

Amankan rumah dengan smart door lock
Smart door lock ZKTeco LH4000 (Foto: ZKTeco)

Kunci pintar lain yang juga disediakan ZKTeco adalah ZKTeco LH4000 dan ZKTeco LH500. Kedua kunci pintar ini menggunakan kartu canggih Mifare-1 13.56 MHz. Sama seperti ZKTeco LH6000, ZKTeco LH4000 dan ZKTeco LH5000 juga dibuat sesuai dengan stadar mortise Amerika dengan 5 grendel. Semuanya dilengkapi dengan peringatan suara ketika daya lemah.