Pertanyaan seputar Visa, Paspor dan Biometrik!

Apa itu visa biometrik?

Data biometrik menjadi syarat penerbitan visa. Menurut Lukman, proses biometrikadalah proses pelengkapan data-data sebagai syarat penerbitan visa. Dalam biometrik tersebut, harus ada data retina mata, sidik jari, dan lainnya.

Apa yang dimaksud dengan visa kunjungan?

Visa kunjungan diberikan kepada Orang Asing yang akan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk kunjungan seperti dalam rangka tugas pemerintahan, pendidikan, sosial budaya, pariwisata, bisnis, keluarga, jurnalistik, atau singgah untuk meneruskan perjalanan ke negara lain.

Apa itu biometrik KTP?

Seperti dikutip dari situs resmi e-KTP.com, KTP elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan atau pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada data base kependudukan nasional.

Apa itu scan biometrik?

Pemindai Biometrik merupakan suatu metode komputerisasi yang menggunakan aspek-aspek biologi terutama karakteristik unik yang dimiliki oleh manusia. Karakterisitik fisiologi unik yang dapat digunakan adalah sidik jari dan retina mata.

Berapa lama proses pembuatan visa?

Waktu proses pengerjaan visa umumnya tidak lebih dari 15 hari kerja, namun bisa lebih lama jika ada dokumen yang kurang atau kasus khusus lain. Jika Anda diminta untuk melengkapi dokumen, maka Anda wajib menyerahkannya maksimal 10 hari setelah tanggal pemberitahuan.

Berapa lama masa berlaku paspor?

Paspor ini berisi 24 atau 48 halaman dan berlaku selama 5 tahun.

Kapan harus memperpanjang paspor?

Berbeda dengan surat izin mengemudi yang bisa diperpanjang saat hari jatuh tempo. Traveler harus mengetahui waktu terbaik perpanjang paspor agar tidak menjadi hambatan di kemudian hari. Berdasarkan peraturan imigrasi, waktu yang tepat untuk perpanjang paspor adalah enam bulan sebelum masa berlakunya habis.

Apa saja syarat membuat paspor?
Syarat Pembuatan Paspor Baru

  • E-KTP asli dan fotokopi.
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi.
  • Materai.