Mesin Absen Fingerprint Sistem Absensi Yang Mudah Dan Praktis

Perusahaan untuk aktivitas dan kegiatan sehari-hari membutuhkan mesin ataupun alat yang lebih canggih. Begitupun dengan mesin absensi diharapkan kehadirannya bisa lebih membantu untuk mempercepat pekerjaan di kantor sehingga hasil pekerjaan bisa lebih maksimal.

Absen fingerprint menjadi salah satu model sistem absensi yang sampai saat ini banyak diminati karena bentuknya yang sederhana dan lebih praktis. Mesin absensi ini pun dari fitur yang diberikan lebih lengkap dan cara menggunakannya pun sangat mudah. Jadi Anda bisa lebih cepat untuk menggunakannya.

Cara Membuat Absen Fingerprint

Membuat absen fingerprint ini sangat penting karena sangat terbantu dengan kehadiran mesin absenfingerprint. Mesin tidak hanya berfungsi untuk mengetahui tingkat kehadiran karyawan, baik kedatangan dan waktu pulang ataupun saat lembur tetapi absen ini pun bisa membantu Anda untuk berbagai pekerjaan, seperti:

· Menghitung gaji karyawan.

· Menghitung dan mengatur cuti karyawan (cuti bersama, cuti pribadi, sisa cuti, cuti normatif).

· Melihat tingkat kedisiplinan karyawan.

· Melihat data karyawan baik karyawan tetap, karyawan kontrak.

· Mengelola surat-surat kontrak.

Kehadiran mesin absenfingerprint ini membuat pekerjaan Anda menjadi lebih praktis. Tentunya akan membuat banyak kemudahan dalam bekerja pastinya. Teknologi terbaru pada mesin ini akan membuat mesin lebih baik sehingga data yang dihasilkan bisa menjadi lebih tepat. Apabila Anda hendak melihat data setiap karyawan pun bisa lebih mudah. Ini akan sangat membantu Anda untuk memberikan penilaian pada masing-masing karyawan baik terkait untuk pemberian insentif ataupun bonus tahunan.

Mesin absen fingerprint kini banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai model yang menarik dan juga disertai password. Mesin ini sangat cocok untuk Anda kelebihan lainnya adalah memiliki alphanumeric keypad yang dapat berfungsi:

· Memberi nama karyawan.

· Pengaturan karyawan per departemen.

· Mengatur jam kerja bagi setiap karyawan.

· Pengaturan lembur per departemen.

Selain itu, mesin absen fingerprint ini pun memiliki kelebihan pada saat listrik mati, Anda tidak perlu khawatir karena mesin sudah memiliki baterai pengganti. Ini akan membantu Anda karena mesin akan tetap berfungsi sebagai mana mestinya. Tidak hanya itu, mesin pun dilengkapi dengan USB flashdisk dan USB kabel. Sehingga cara membuat absen fingerprint menjadi lebih aman dan terkendali meski pada kondisi darurat sekalipun. Jadi akan jauh lebih dipermudah dalam berbagai urusan, bukan?

Sebelum membeli mesin absen fingerprint cobalah untuk mencari tahu dengan berbagai merek yang berbeda di pasaran. Carilah mesin yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik untuk kerja ataupun menyesuaikan dengan keuansgan perusahaan Anda. Pembelian mesin absen fingerprint ini bisa secara langsung mengunjungi toko ataupun melalui penjualan online. Kelebihan pembelian online Anda bisa mendapatkan promo harga yang menarik. Jadi carilah toko online yang terpercaya dan hasil review konsumen yang positif.

Absen Fingerprint

Pada diri setiap individu mempunyai keunikan yang berbeda antara yang satu dan yang lainnya. Dari keunikan tersebutlah yang akhirnya menjadi identitas setiap orang. Dengan dibuatnya teknologi yang lebih mendukung ciri khas manusia tersebutlah menjadi biometrik.

Metode biometrik yang digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi individu yang dapat dilihat dari prilaku ataupun ciri khasnya. Kini biometrik semakin menjadi pilihat menarik begitupun kehadirannya untuk mesin absensi terutama di perusahaan yang untuk membayar kompensasi karyawan berdasarkan jam kerja setiap orang.

Banyak pilihan biometrik baik dari wajah, suara, retina mata, sidik jari. Sistem biometrik pada mesin absensi fingerprint ini penekanannya adalah pada pemeriksaan sidik jari.

Sudah Tahu Apa Itu Absen Fingerprint?

Absen fingerprint menjadi salah satu metode pada mesin absensi ditambah dengan adanya software untuk membantu pengisian data terkait daftar hadir karyawan ataupun instansi lainnya. Anda tidak usah khawatir karena memori yang dimiliki mesin absensi tergolong besar tidak hanya itu terdapat fitur menarik lainnya, yaitu:

· SMS Message

· Web Server

· Workcode

· Function Key

· USB Flash

· Disk

· Schedule Bell. Dan lain-lain

Membaca Sidik Jari

Proses membaca sidik jari pada mesin absensi fingerprint ini adalah dengan melakukan scanning pada sidik jari seseorang di mana hasil dari scanning kemudian disimpan dalam format digital. Sebelumnya setiap karyawan harus sudah melakukan proses pendaftaran/registrasi sidik jari.

Hasil dari rekaman sidik jari yang telah dibuat akan memiliki fitur tersendiri yang kemudian disimpan dalam database perusahaan. Pola sidik jari atau dikenal dengan minutiae kemudian akan disesuiakan dengan scan sidik jari masing-masing karyawan. Membaca sidik jari pun tidak boleh sembarangan karena memiliki beberapa tehnik untuk membacanya, yaitu:

· Thermal

· Optis

· Kapasitans

· Ultra Sonik

Teknik Penyimpanan

Apabila sudah selesai proses pendaftaran sidik jari setiap karyawan maka proses selanjutnya adalah menyimpan pola sidik jari yang sudah ada. Saat menyimpan pola sidik jari tersebut maka Anda harus memperhatikan teknik penyimpanan yang sesuai, di antaranya adalah:

1. Proses Penyimpanan Data Sidik Jari Di Komputer Perusahaan

Model cara penyimpanan ini disebut dengan sentrilisasi. Ini bisa dilakukan jika terhubung dengan baik dengan komputer sehingga bisa online setiap waktu. Data sidik jari yang sudah diregistrasi akan menjadi database perusahaan yang harus disimpan dengan baik di harddisk komputer.

Kelebihan dari penyimpanan ini adalah bisa menyimpan data jauh lebih besar sehingga bisa disesuaikan dengan harddisk komputer. Yang harus Anda waspadai pada model penyimpanann ini adalah, perusahaan harus memiliki komputer khusus dan pada saat identifikasi sidik jari membutuhkan waktu lebih lama.

2. Proses Penyimpanan Data Sidik Jari Di Kartu Karyawan

Model penyimpanan yang satu ini lebih dikenal dengan nama desentralisasi. Data yang sudah diregistrasi kemudian akan disimpan pada kartu masing-masing karyawan contohnya adalah mifare card. Pada proses pemeriksaan dapat menggunakan kartu yang telah disertai dengan adanya data sidik jari.

3. Proses Penyimpanan Data Sidik Jari Pada Alat Absensi Yang Sudah Disediakan

Model penyimpanan yang satu ini lebih dikenal dengan desentralisasi biasanya model yang satu ini dapat ditemui pada jenis standalone. Jenis standalone ini adalah mesin absensi fingerprint yang dalam penggunaannya bisa dilakukan meski tanpa terhubung pada komputer yang ada. Data sidik jari akan disimpan pada mesin memori dengan baik. Mesin absensi fingerprint bahkan mampu menyimpan sidik jari sampai dengan 5.000. Jumlah sidik jari yang sangat banyak bisa tersimpan dengan baik.

Kelebihan dari mesin absensi fingerprint ini bisa dilihat dari tingkat kemampuan mesin jauh lebih cepat untuk mencocokkan setiap sidik jari untuk masing-masing karyawan dengan baik. Mesin absensi agar lebih mudah bisa diletakkan di tempat umum agar lebih mudah terlihat. Kekurangan mesin yang satu ini adalah daya tampung yang sangat terbatas hanya sebatas memori yang terdapat pada mesin absensi fingerprint. Jadi mesin ini cocoknya untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang masih sedikit.