Mengapa Dengan Menerapkan Sistem Database Keamanan Perusahaan Lebih Terjamin?

Di dunia yang sudah modern seperti sekarang ini tentu saja dibarengi juga dengan perkembangan informasi perkembangan software juga mengikuti. Oleh karena itu, keamanan merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan dan begitu penting, baik itu keamanan fisik atau juga keamanan data dan juga aplikasi.

Untuk mencapai tingkat keamanan pada zaman dulu merupakan hal yang sangat mustahil. Bahkan di zaman yang sekarang ini sulit untuk mendapatkan keamanan. Misalnya saja pada suatu daerah yang tentu saja tidak ada yang benar-benar aman kondisinya. Meskipun telah disediakan penjaga keamanan di daerah tersebut. Nah begitu juga keamanan tentang database. Akan tetapi, kita bisa melakukan untuk meminimalisir gangguan pada keamanan tersebut.

Keamanan database saat ini sering menjadi suatu perbincangan, hal tersebut dikarenakan seringnya terjadi suatu pembobolan pada database. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas mengenai mengapa dengan menerapkan sistem database keamanan perusahaan lebih terjamin.

Pengertian Database

Database merupakan suatu kumpulan dari data-data yang telah saling terhubung satu sama lain dan juga terbagi atau shared. Hal tersebut bertujuan guna memelihara informasi yang akan dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Sedangkan pengertian dari sistem database atau sistem basis data yaitu komputerisasi sistem penyimpanan data yang memiliki tujuan guna memelihara informasi dan juga supaya informasi siap sedia ketika suatu saat dibutuhkan.

Keuntungan Sistem Database

Beberapa keuntungan dari sistem database, yaitu:

· Mengurangi Redundancy

Apabila ada data yang sama di suatu aplikasi, maka bisa disimpan hanya sekali saja.

· Integrity

Data akan tersimpan akurat.

· Menghindari Inkonsisten

Karena berkurangnya redundancy maka update data akan lebih efisien.

· Penggunaan Data Bersama

Jika ada data yang sama maka beberapa user bisa mengaksesnya di saat yang bersamaan.

· Standarisasi

Ini merupakan menyangkut tentang keseragaman dari penyajian data.

· Menyeimbangkan Kebutuhan

Ini bisa ditentukan dari prioritas di suatu operasi yaitu misalnya antara retrieval dengan update.

Data merupakan sumber daya yang sangat berharga, oleh karena itu harus diatur dan dikontrol, seperti halnya sumber daya organisasi atau perusahaan yang lainnya. Sebagian maupun seluruh data organisasi atau perusahaan biasanya memiliki nilai strategis sendiri bagi organisasi atau perusahaannya, maka dari itu data tersebut haruslah tetap dipastikan bahwa ia aman dan juga rahasia.

Pengertian Keamanan Database

Keamanan database merupakan suatu cara bagaimana untuk melindungi database tersebut dari ancaman, yaitu baik kesengajaan maupun tidak. Ancaman sendiri merupakan segala kejadian baik disengaja ataupun tidak yang memiliki sifat merugikan serta mempengaruhi sistem dan juga secara konsekuensi, pada organisasi atau perusahaan yang mempunyai sistem database.

Keamanan database bukan hanya tentang data yang ada di database saja, akan tetapi meliputi juga bagian-bagian lainnya dari sistem database. Hal tersebut tentu saja bisa mempengaruhi database itu sendiri. Hal ini maka artinya keamanan database yaitu mencakup hardware, software, user dan juga data.

Supaya keamanan yang dimiliki efektif maka dibutuhkan suatu kontrol yang tepat. Seseorang yang memiliki hak akan kontrol dan juga untuk mengatur database tersebut lebih sering disebut dengan administrator database. Nah seorang administrator inilah yang paling berperan penting dalam memegang sistem database tersebut. Maka dari itu, seorang administrator harus memiliki keahlian, pengetahuan dan juga kemampuan yang mumpuni supaya mampu untuk mengatur sistem database.

Keamanan-keamanan dari database tersebut bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini.

Tingkatan keamanan Database

Yang terdiri dari:

1. Fisikal, di mana pada lokasi tersebut terdapat sistem komputer yang dipastikan keadaannya harus tetap aman yakni baik secara fisik maupun terhadap serangan dari pihak perusak.

2. Manusia, yaitu wewenang untuk memakainya haruslah dilakukan secara hati-hati. Hal tersebut dimaksudkan supaya meminimalisir adanya kemungkinan manipulasi yang dilakukan oleh pihak berwenang.

3. Sistem operasi, yaitu sistem operasi ini memiliki kelemahan yang akan memungkinkan terjadinya pengaksesan data yang dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki wewenang. Hal tersebut dikarenakan hampir semua jaringan dari sistem database memakai akses dengan jarak jauh.

4. Sistem database, yang merupakan pengaturan tentang bagaimana hak pemakai yang baik.

Keamanan-keamanan database secara umum dapat dikategorikan berdasarkan hal-hal seperti di bawah ini. Mari kita simak dengan saksama.

· Keamanan Server

Keamanan server ini, yakni suatu proses guna pembatasan suatu akses yang sesungguhnya yang mana terdapat database di dalam server tersebut. Menurut dari Blake Wiedman yaitu suatu yang sangat penting dari sisi keamanan tersebut dan haruslah direncanakan dengan sangat hati-hati. Ide dasarnya adalah apa yang tidak bisa kita lihat maka tidak akan bisa diakses atau apakah kita menginginkan bahwa database server milik kita bisa dilihat oleh siapa saja di seluruh dunia? Koneksi yang tidak dapat dikenali maka tidak akan diizinkan sebab database server bukanlah web server.

· Trusted IP Access

Masing-masing servis haruslah mampu untuk mengkonfigurasikan alamat IP yang boleh untuk diakses oleh dirinya. Kita tidak akan mengizinkan terhadap orang ketika mengakses server yang kita miliki seperti halnya kita tidak akan mengizinkan kepada orang lain untuk masuk ke dalam rumah milik kita tanpa seizin dari kita.

Apabila suatu server melayani suatu web server, maka yang bisa mengakses hanyalah server database itu sendiri. Apabila server database melayani suatu jaringan internal maka yang boleh untuk menghubungi hanyalah alamat jaringan.

· Koneksi Database

Apabila para pemakai Anda izinkan untuk mengubah-ubah database dengan lewat web page maka Anda seharusnya terlebih dahulu memastikan bahwa Anda sudah memvalidasi terhadap seluruh masukan guna memastikan bahwa inputnya sudah benar, aman, dan juga terjamin.

· Kontrol Akses Table

Kontrol akses table tersebut yakni salah satu dari bentuk keamanan di suatu database yang sangat sering oleh para pengguna selalu diabaikan begitu saja. Hal tersebut dikarenakan penerapannya yang sulit. Dibutuhkan suatu kolaborasi untuk penggunaan kontrol akses table yakni antara pengembangan database dengan sistem administrator. Nah hal tersebutlah yang sulit untuk dilakukan. Sedangkan pemberian izin terhadap user untuk mengakses suatu informasi justru akan bisa membuat informasi tersebut terbuka ke publik.

Nah, itulah tadi mengapa dengan menerapkan sistem database keamanan perusahaan lebih terjamin. Sekarang Anda tentu saja sudah mengetahui alasannya bukan? Oleh karena itu, sebaiknya Anda menerapkan sistem database demi keamanan perusahaan milik Anda. Dengan perusahaan Anda aman tentu saja Anda tidak akan merasa khawatir ketika suatu saat ada hal-hal yang tidak diinginkan sebab database Anda sudah aman. Jadi begitulah mengapa dengan menerapkan sistem database keamanan perusahaan lebih terjamin yang sudah kami rangkum secara lengkap untuk Anda.

Semoga artikel kami ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk menambah pengetahuan Anda.