Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Absensi Biometrik

Mesin absensi seakan sudah menjadi sebuah kewajiban dalam dunia profesinal saat ini. Terutama dalam sebuah perusahaan, mesin absensi dibutuhkan untuk mengontrol kedisiplinan dan kinerja para pegawai. Bila dahulu kita mengenal mesin absensi tradisional digunakan di setiap perkantoran dan sekolah, kini mesin absensi pun sudah semakin moderen. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, banyak perusahaan menggunakan mesin absensi biometrik yang dirasa lebih efektif dan efisien.

Berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, serta metron yang ber arti mengukur. Biometrik sendiri merupakan sebuah metode untuk melakukan pengukuran dengan dasar pengenalan terhadap sesuatu yang hidup. Pengenalan tersebut bisa dilihat dari tingkah laku ataupun bagian tubuh. Itu sebabnya metode biometrik ini sering kali memanfatkan bagian tubuh manusia seperti tanda tangan, suara, cara mengetik, sidik jari, retina mata, wajah dan lainnya.

Kini, teknologi biometrik sudah banyak diterapkan dalam dunia bisnis, yaitu pemanfaatan mesin absensi biometrik. Di mana para karyawan untuk melakukan absensi kedatangan harus dengan mengguakan bagian tubuh, seperti sidik jari, retina mata, suara dan lainnya. Tak jarang justru mesin absensi biometrik ini juga menjadi kunci akses masuk seseorang untuk masuk ke dalam gedung perkantoran.

Jenis Sensor Biometrik

Sebenarnya seperti apakah kerja dari mesin absensi biometrik? Mesin absensi biometrik menggunakan sensor untuk mengetahui keberadaan seseorang. Di mana di dalam satu mesin absensi biasanya terdapat satu sensor atau lebih yang digunakan. Untuk lebih tahu mengenai mesin absensi satu ini, berikut adalah 3 sensor yang digunakan dalam mesin absensi tersebut.

Mesin absensi dengan sidik jari merupakan mesin absensi yang inputnya berupa sidik jari. Saat ini, teknologi sensor sidik jari telah menjadi sangat populer dan peling banyak digunakan di berbagai sidik jari. Tidak hanya paling murah, namun penggunaannya juga paling dikenal bila dibandingkan dengan teknologi lainnya. Karyawan pun cukup dengan menempelkan sidik jarinya pada sensor mesin absensi, maka data-data kehadirannya langsung tercatat pada mesin.

Mesin absensi sensor wajah memiliki kerja dengan cara memanfaatkan pola wajah untuk mengenali manusia. Sebenarnya caranya cukup mudah, namun penggunaannya tidak sepopuler teknologi sidik jari. Akan tetapi, di beberapa perusahaan besar teknologi mesin absensi biometrik dengan sensor wajah sudah mulai digunakan. Terutama untuk perusahaan yang memiliki pengamanan yang sangat ketat.

Mesin absensi sensor suara memanfaatkan suara untuk mengenali manusia. Sayangnya, teknologi mesin absensi ini termasuk mahal. Selain itu juga dapat menimbulkan kebisingan. Itu sebabnya, sensor suara untuk keperluan absen jarang digunakan.

Kelebihan Mesin Absensi Biometrik

Mengapa mesin absensi biometrik kini sangat populer digunakan? Ini dikarenakan teknologinya yang memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan mesin absensi tradisional. Apa sajakah itu? Yuk disimak!

  • Bila mesin absensi dengan metode pasword dapat dengan mudah lupa, atau metode kartu yang mudah rusak bahkan hilang, maka berbeda dengan teknologi biometrik. Teknologi ini telah menempel pada tubuh manusia. Tidak dapat dilupakan, tidak dapat hilang ataupun dipalsukan. Cukup dengan menggunakan sensor.
  • Memang teknologi ini tidak 100% valid. Walaupun masih dapat dipalsukan, namun memilik tingkat kesulitan yang sangat tinggi, sehingga sangat sukar dilakukan.

Kekurangan Dan Tips Membeli Mesin Absensi Biometrik

Walaupun sangat popular untuk digunakan, akan tetapi mesin absensi biometrik juga memiliki kekurangan. Mesin absensi biometrik memiliki harga yang cukup mahal. Ini dikarenakan adanya menggunaan fitur yang canggih, sehingga komponen yang digunakan adalah komponen dengan harga yang mahal. Hal ini membuat harga dari produk juga mengikuti. Untuk itu, ada beberapa tips dalam memilih serta membeli mesin absensi biometrik seperti berikut ini.

Pada saat membeli mesin absensi biometrik, Anda harus pastikan terlebih dahulu bila mesin absensi ini telah terintegrasi dengan sistem di perusahaan Anda. Bila mesin absensi ini terpisah dengan keseluruhan sistem pada perusahaan Anda, maka akan percuma untuk digunakan. Untuk itu, Anda harus mempelajari mengenai software ERP serta pilihlah mesin absensi biometrik yang dapat terintegrasi dengan sistem ERP di perusahaan Anda. Jangan sampai Anda masih menggunakan import file manual serta masih menghitung gaji serta lembur secara manual setelah menggunakan mesin absensi biometrik.

Hati-hati dengan label harga murah. Anda harus ingat, bila kualitas dari teknologi biometrik terletak pada kualitas sensornya. Membeli mesin absensi biometrik dengan kualitas sensor buruk akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih besarantinya. Tidak hanya mudah rusak, namun sensor dengan kualitas rendah juga memiliki kualitas deteksi yang rendah. Inilah yang menyebabkan seringnya terjadi kesalahan dalam melakukan deteksi input data.

Produk Pilihan Mesin Absensi Biometrik

Mesin Absensi Biometrik Sidik Jari [Innovation M100] sudah sangat sering digunakan di berbagai perusahaan. Mesin absensi ini memiliki kapasitas penyimpanan data Sidik Jari hingga 10.000 data serta kapasitas penyimpanan data transaksi hingga 100.000 data dengan waktu respon 1 detik. Di mana Kecepatan indentifikas sidik jari serta kecepatan verifikasi pada sidik jari hanya 1 detik saja. Menggunakan display layar TFT LCD Full Colour dengan 3 inci, mesin absensi ini memiliki jenis komunkasi PC berupa USB Cable, Flashdisk dan UTP Cable (jaringan). Bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 2.650.000.

MAGIC R18 Biometrik tidak hanya digunakan sebagai mesin absensi. Alat ini juga merupakan akses kontrol pada pintu masuk perusahaan, dengan menggunakan PIN, Kartu RFID ataupun fingerprint. Mesin absensi biometrik dengan processor berbasis multimediaini memiliki banyak fitur istimewa. Dimana terdapat layar berwarna yang dapat menampilkan foto dari para pegawai.

Tidak hanya itu, mesin absensi yang dapat digunakan oleh hingga 1.500 jari ini memiliki memori transaksi dengan besari 100.000 log transaksi, sehingga walaupun listrik padam, memori tidak akan hilang. Pada saat jam absensi pun komputer tidak perlu dinyalaan, karena mesin absensi ini telah beroperasi secara stand alone. Di mana data base yang telah ditransfer dengan USB Flash Disk, Serial ataupun Ethernet TCP/Ip dapat terkumpul di dalam satu komputer saja.

Uniknya, untuk mematikan bila absensi pegawai telah tercata, ada beberapa indikator validasi dari absensi. Selain nama serta nomor ID yang akan ditampilkan di layar LCD, anda akan mendengar suara terima kasih. Lampu LED hijau pun akan menyala dan relay access control aan terbuka. Mesin ini sangat efekti digunakan karena memudahkan pekerjaan HRD perusahaan. Di mana dengan sendirinya mesin ini akan melakukan perhitungan pada pulang cepat, lembur, keterlambatan dan jumah jam kerja. Di mana jangka waktu untuk pelaporannya telah terperinci dan dapat dibuah secara harian atau bulanan. Bahkan telah terdapat fasilitas pencatatan untuk cuti, izin, sakit serta koreksi transaksi absensi. Alat ini pun telah ilengkapi dengan software absensi, power supply, alat absen, dan buku manual.

Sangat mudah dan efektif bukan penggunaan mesin absensi biometrik ini? Untuk itu, jangan sampai ketinggalan. Kemajuan perusahaan Anda juga terletak pada system kerja yang diterapkan di dalamnya!