Keburukan Teknologi Dan Kebaikan Teknologi Bagaikan Dua Sisi Mata Uang

Kehadiran dari teknologi sudah banyak dijumpai pada banyak barang dan perangkat di dunia. Ilmuwan bahkan membuat penelitian agar teknologi semakin berkembang dari masa ke masa. Saat membuat produk agar bisa menghasilkan produk yang penuh inovasi dan teknologi yang lebih canggih. Keuntungan dan kelebihan teknologi sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh umat manusia di dunia. Di sisi lainnya kehadiran dari teknologi tersebut tidak bisa dipisahkan dari keburukan yang terjadi di masyarakat bahkan dunia. Akibatnya pun bahkan sangat kompleks sehingga semua itu harus tetap diwaspadai.

Pengertian Teknologi

Suatu sarana yang sudah disiapkan dalam bentuk produk atau perangkat yang sangat dibutuhkan oleh manusia sehingga didapatkan kenyamanan dan kehidupan berlangsung dengan baik dan mudah.

Seiring dengan kemajuan zaman kebaikan dan keburukan teknologi itu bagaikan dua sisi mata uang. Apabila teknologi tidak berada dan digunakan oleh orang yang tidak tepat maka yang terjadi adalah keburukan teknologi yang dirasakan bisa oleh individu, masyarakat, negara, bahkan dunia. Semuanya akan dapat merasakan imbas yang tidak baik dari kehadiran teknologi tersebut.

Keburukan Teknologi

Di bawah ini terdapat pengaruh keburukan teknologi yang bisa dirasakan oleh manusia, di antaranya adalah:

1. Penggunaan Robot

Kehadiran teknologi dalam bentuk robot bisa membantu banyak pekerjaan manusia dari segi kecepatan bahkan robot bisa bekerja dengan lebih cepat. Di satu sisi bagi perusahaan akan lebih menghemat untuk membayar gaji karyawan namun di sisi lain dari segi ekonomi keburukan teknologi akan berpengaruh semakin bertambahnya jumlah pengangguran.

Pekerja kehilangan pekerjaan karena beberapa pekerjaan kini sudah bisa dikerjakan oleh robot. Kelemahan robot adalah jika sistemnya rusak maka pekerjaan menjadi tidak terkontrol dengan baik. Perusahaan pun harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki robot yang tidak sedikit agar robot bisa berfungsi dengan baik. Di dunia bahkan beberapa pekerjaan sudah dikerjakan oleh robot seperti pembaca berita, pelayan di restoran, dan lain-lain.

2. Meningkatnya Berat Badan/Obesitas

Kehadiran teknologi bisa membuat orang lain bisa mengerjakan pekerjaan lebih cepat. Manusia menjadi kurang bergerak karena semua bisa dikerjakan tanpa harus bergerak apalagi keluar keringat. Anda menjadi jarang bergerak dan berolahraga dengan kehadiran motor dan mobil. Begitupun dengan kehadiran ojek online yang saat ini sedang tren di masyarakat membuat Anda lebih dimanjakan.

Semua aktivitas baik dari belanja, membeli makanan, membersihkan ruangan, dan lain-lain tidak perlu Anda kerjakan sendiri. Akibatnya badan yang kurang bergerak akan membuat lemak semakin menumpuk di tubuh Anda. Jika kondisi ini Anda biarkan bisa jadi berat badan Anda semakin tidak terkendali dan mengakibatkan obesitas.

3. Pada Kasus Kriminal Susah Mencari Saksi

Kini orang lebih senang dan tinggal di rumah bahkan terkadang tidak mengenal tetangga di sekitar rumah. Ketika terjadi kecelakaan baik itu tabrakan di jalan atau kasus pembunuhan, pencurian, perampokan, dan lain-lain. Bisa jadi tetangga tidak mengetahui kejadian tersebut karena sekarang lebih mengandalkan kehadiran CCTV. Kini penggunaan CCTV semakin bertambah, Anda bisa menemukan banyak model kamera CCTV terbaru yang dijual baik secara online maupun offline. Bahkan kini harga kamera pengintai murah ini semakin terjangkau sehingga semakin banyak yang menggunakannya.

4. Kehidupan Sosial Menjadi Terganggu

Manusia sudah seharusnya satu sama lain saling berinteraksi agar bisa saling mengenal satu sama lain. Kini jika Anda ada keperluan, dengan adanya teknologi komunikasi berupa handphone Anda tidak perlu lagi ke luar rumah untuk menanyakan kabar atau mengundang seseorang. Anda cukup menelpon atau mengirim pesan baik melalui SMS atau Whatsapp.

Semua menjadi lebih mudah dan hemat waktu tetapi dari kemajuan teknologi ini di satu sisi membuat orang menjadi lebih individulis. Akibatnya tetangga pun bisa jadi Anda tidak pernah tahu nama dan kondisinya meski posisi rumah berada di samping atau depan rumah Anda.

Anda lebih senang di dalam rumah baik menonton TV atau berselancar di dunia maya berkenalan dengan banyak orang di belahan dunia manapun. Anda menjadi lebih mengenal orang lain di dunia maya melalui media sosial dibandingkan ikut pada acara keluarga, rapat RT, pengajian di lingkungan Anda.

5. Lebih Mudah Memanipulasi Data Ataupun Kasus Kriminal

Aplikasi seperti corel draw ataupun photoshop menjadi bagian dari perkembangan teknologi. Software tersebut bisa untuk mengubah gambar bahkan jika penegak hukum kurang faham bisa jadi orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkannya untuk tindakan kriminal.

Teknologi Informasi

Di dunia informasi perkembangan teknologi bahkan menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut memberikan keburukan jika Anda tidak mewaspadainya, di antaranya adalah:

1. Hampanya Komunikasi

Komunikasi cukup dilakukan melalui handpone dan tidak perlu datang dan bertemu langsung seperti zaman sebelumnya.

2. Banyak terjadi Pencurian Keuangan

Bekembangnya teknologi memberikan pengaruh luar biasa pada perkembangan internet. Pengguna internet terutama di Indonesia semakin meningkat salah satunya yang terjadi adalah meningkatnya pencurian yang dilakukan melalui internet.

Banyak terjadi pembobolan bank bahkan dana nasabah yang dilakukan tanpa perlu repot-repot langsung melakukannya. Pelaku melakukannya dengan kemampuan informatika dan kemampuan teknologi yang dimilikinya.

Kebaikan Teknologi

Kebaikan teknologi banyak dirasakan manfaatnya, di antaranya adalah:

1. Pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah dikerjakan. Sudah banyak pekerjaan bisa lebih cepat dikerjakan dengan menggunakan produk yang memiliki teknologi yang lebih canggih terutama jika menggunakan media online.

2. Komunikasi menjadi lebih mudah meski di luar negeri. Komunikasi yang dahulu sulit kini meski orang berada di luar negeri Anda masih bisa menanyakan kabarnya dan bertatap muka melalui media yang ada.

3. Transaksi keungan menjadi lebih mudah dan dapat dipantau setiap saat. Bagi Anda pedagang atau pekerja online maka transaksi keuangan bisa dipantau setiap saat baik melalui laptop atau smartphone yang Anda miliki.

4. Teknologi bisa menjadi hiburan tersendiri yang murah meriah. Kehadiran teknologi seperti game dan media sosial menjadi salah satunya hiburan yang bisa Anda peroleh tanpa harus ke luar rumah.

Sudah seharusnya dengan kemajuan teknologi informasi ini akan memberikan manfaat besar pada Anda. Baik untuk mengelola data seperti produk mesin absensi online maupun produk lainnya di dunia teknologi. Kemampuan untuk mentransfer data dengan baik dan terintegrasi ke komputer perusahaan bukankah itu menjadi kemudahan di dunia kerja.

Kemajuan teknologi tidak boleh dianggap sebagai musuh tetapi harus tetap menjadi pertimbangan. Semakin lama jika Anda antipati pada keburukan teknologi maka akan semakin tertinggal baik itu di dunia niaga, kedokteran, pendidikan, dan lain-lain. Agar Anda bisa terhindar dari keburukan teknologi maka harus lebih memfilter teknologi yang ada, jika teknologi tersebut dirasa akan membuat kerugian maka sebaiknya Anda tinggalkan.