Ini 6 Alasan Utama Mengapa Kamu Harus Memasang Kamera CCTV di Rumah

Waktu baca : 4 menit

Dulu, orang mengatakan bahwa CCTV (closed-circuit television) adalah tetanggamu, lingkunganmu. Apa maksudnya? Dengan menjalin hubungan yang baik dengan tetangga dan lingkunganmu, kamu sudah menciptakan rasa aman dan nyaman untuk diri dan keluargamu.

Dalam arti tertentu, pendapat itu benar. Relasi yang baik dengan orang lain menjamin kenyamanan dan keamanan. Relasi yang baik itu merangsang kepedulian dan tanggung jawab pada masing-masing orang untuk melakukan hal yang baik dan positif.

Dalam konteks lain, membangun relasi yang baik itu ternyata tidak lebih dari cukup. Ada banyak kasus yang terjadi yang menunjukkan bahwa kita membutuhkan alat atau peranti lain untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja dan bahwa semuanya bisa dipertanggungjawabkan. Dan peranti itu adalah CCTV .

Berikut ini adalah 6 alasan utama mengapa kamu harus memasang CCTV di rumahmu atau di lingkungan kerjamu:

Demi anakmu

6 alasan mengapa harus memasang kamera cctv di rumah
Ilustrasi anak bermain dengan pengasuh (Foto: Istimewa)

Beberapa tahun yang lalu, Kittie Beibie, seorang ibu dari Filipina, membagikan video tentang perlakuan kasar pembantu kepada putrinya. Video itu berasal dari rekaman CCTV yang dipasang di rumahnya. Dari video itu terlihat dengan jelas bagaimana si pembantu bernama Jovelyn Montero itu menjepit kaki sang bayi dengan kedua dengkulnya dan mendorongnya jauh-jauh lantaran kesal karena rewel.

Apa yang dialami Kittie adalah salah satu alasan mengapa kamu harus memasang CCTV di rumah jika kamu ingin memastikan bahwa anak-anakmu aman dan nyaman bersama pembantu. Pengalaman Kittie menunjukkan bahwa tidak semua pengasuh bisa dipercaya dengan sepenuh hati. Dan bahwa perlu ada pengawasan lebih terhadap apa pun yang terjadi dan ada di rumahmu.

Meminimalisir risiko kemalingan

6 alasan mengapa harus memasang kamera cctv di rumah
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Menutup pintu rapat-rapat dan menguncinya dengan gembok besar memang dapat mengamankan isi rumahmu. Namun, cara itu saja tidak cukup. Sudah banyak fakta yang menunjukkan bahwa pintu pagar dan rumah bisa dijebol dengan begitu mudah. Kalau sudah begitu, berarti kamu harus punya strategi untuk “mencegah” orang melakukan pencurian.

Strategi apa? Memasang CCTV. CCTV yang dipasang di depan rumah atau pagar membantu kamu untuk mengawasi apa saja dan siapa saja yang lewat atau lalu lalang di depan rumahmu.  Dengan memasang CCTV, kamu sebenarnya sudah mencegah orang untuk merampok isi rumahmu.

Sama seperti yang dipasang di depan rumah, CCTV yang dipasang di dalam rumah bisa membantu kamu untuk menjaga isi rumahmu dari tangan-tangan jahil. Bukankah bisa jadi ada pembantu yang berniat tidak baik? Bukankah tidak semua tamu yang datang ke rumahmu punya maksud yang baik?

Bukti yang kuat

6 alasan mengapa harus memasang kamera cctv di rumah
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Bisa saja terjadi bahwa maling tidak tahu bahwa kamu memasang CCTV di rumahmu, sehingga dia menggasak isi rumahmu. Bisa saja terjadi demikian. Bisa saja terjadi bahwa pembantu atau tamu, karena tidak tahu bahwa kamu memasang CCTV di rumahmu, tidak mengakui kejahatan yang dia lakukan. Bisa saja terjadi demikian.

Bagaimana kamu membuktikannya? Bagaimana kamu menyelesaikan masalah itu? Pada titik inilah CCTV menjadi penting. CCTV bisa menjadi alat bukti yang kuat untuk melaporkan tindak kejahatan yang dilakukan seseorang di rumahmu. Fakta sudah menunjukkan bahwa berkat bantuan CCTV, para pihak yang berwajib berhasil meringkus pelaku kejahatan.

Memutus rantai kejahatan

6 alasan mengapa harus memasang kamera cctv di rumah
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Sudah banyak video yang beredar di dunia maya yang memperlihatkan bagaimana polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku kejahatan berkat rekaman CCTV. Salah satunya adalah video yang memperlihatkan para polisi menangkap pencuri.

Pada awalnya, pencuri itu berusaha membobol pintu rumah. Namun, dia tidak berhasil. Dari CCTV, jelas terlihat plat mobil pelaku. Berkat rekaman CCTV itu, pihak berwajib melacak dan kemudian menangkap pelaku. Dengan begitu, polisi mencegah pelaku melakukan aksinya pada target-target lain.

“Mencari” Barang yang Hilang

6 alasan mengapa harus memasang kamera cctv di rumah
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Semua orang bisa lupa. Semua orang bisa teledor. Katakanlah kamu tidak ingat lagi di mana kamu meletakkan sesuatu. Atau kamu tidak tahu di mana sesuatu barang atau benda terjatuh di dalam atau di sekitar rumahmu.  Dalam situasi seperti ini, CCTV adalah bantuan paling tepat. Kamu bisa melihat lagi rekaman sebelumnya. Dari rekaman CCTV itu, kamu bisa tahu di mana barang yang terjatuh atau yang kamu simpan sebelumnya.

Meredam potensi masalah

6 alasan mengapa harus memasang kamera cctv di rumah
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Memasang CCTV di rumah adalah langkah paling sederhana dan cepat untuk meredam potensi kecelakaan akibat kecerobohan, keteledoran, dan kekurangwaspadaan. Misalnya, kamu berada di ruangan lain ketika anak atau anggota keluargamu jatuh di ruangan lain. Kamu bisa dengan cepat membantu sebelum terjadi masalah yang lebih serius.

Atau juga terjadi seperti ini: kamu berada di ruangan lain dan tidak yakin bahwa kompor di dapur sudah dimatikan atau belum. Kamu bisa memastikannya hanya dengan melihat CCTV. Dengan begitu, kamu sudah meredam potensi masalah yang fatal.

Pertanyaannya adalah kamera CCTV seperti apa yang bisa membantu kamu untuk bisa meredam dan meminimalisir semua kemungkinan buruk yang bisa terjadi? Kamera CCTV jenis apa yang sangat tepat kamu pasang di rumahmu?

6 alasan mengapa harus memasang kamera cctv di rumah
Kamera EL-52O28I (Foto: ZKTeco)

ZKTeco Indonesia punya apa yang kamu butuhkan. ZKTeco menyediakan beberapa jenis kamera CCTV berteknologi tinggi. Sebut saja kamera CCTV model ES-52011H, ES-52012H, dan ES-52013H. Kamera dengan image sensor sebesar ½.9” 2MP (Sony Low Light Sensor) ini bisa diperbesar (zoom) 12 kali lipat.

Selain model ES, ZKTeco juga menyediakan kamera CCTV model EL-520281, DL-52028B, BS-52012K/13K, dan BL-52028L. Kamera-kamera ini punya resolusi yang tinggi dan daya jangkau yang luas. Dengan kamera-kamera canggih seperti ini, kamu tidak perlu khawatir lagi akan keamanan dan kenyamanan keluargamu.