Info Harga Kamera CCTV Terbaru

Dunia teknologi saat ini sudah semakin canggih dengan hadirnya berbagai macam alat yang bisa digunakan oleh manusia dan memudahkan aktivitasnya. Termasuk pada sistem keamanan, saat ini sudah hadir alat yang bisa mengawasi rumah atau juga kantor hanya dengan menggunakan kamera yang dipasang di sudut-sudut tempat dan ruangan. Dan semakin canggihnya teknologi dan seiring dengan perkembangannya, sistem keamanan sudah semakin canggih saja.

Dengan hadirnya teknologi tersebut, maka kegiatan manusia dalam mengawasi kegiatan yang ada di sekitar lokasi tidaklah sulit, terutama untuk menindak lanjuti mengenai kejahatan. Maka dari itu saat ini sudah banyak sekali beredar tempat-tempat yang menyediakan alat tersebut dengan harga kamera CCTV yang beragam, tergantung dari kecanggihan kamera tersebut.

Kamera CCTV

Tahukah Anda siapa yang menemukan kamera CCTV pertama kali? Dia adalah Marie Van Brittan Brown. Kamera CCTV merupakan sistem kemanan yang saat ini sudah bisa terintegrasi dengan komputer, televisi, smartphone, tablet serta laptop. SecaraSecara garis besar, CCTV adalah kamera yang bisa merekam dan juga mendapatkan gambar yang digunakan untuk keperluan pengawasan. Biasanya CCTV di pasang di tempat-tempat umum seperti di bank, sekolah, supermarket, pabrik, gudang, tempat parkir dan lain sebagainya.

Ketika ingin membeli CCTV yang tepat maka tergantung dari apa yang ingin Anda awasi dan pantau. Apabila hanya memerlukan kamera CCTV untuk pengawasan rumah maupun bisnis Anda maka biasanya akan lebih membutuhkan CCTV berupa kamera, penyimpanan rekaman video dan juga penghubung CCTV ke monitor. Dengan begitu maka penggunanya bisa memantau keadaan sekitar dengan melalui televisi, laptop, komputer, smartphone atau bisa disimpan pada DVD atau Digital Video Recorder.

Jenis Kamera CCTV

Kamera CCTV ini secara umum dapat dibagi ke dalam dua jenis sistem, yaitu sistem CCTV yang menggunakan kabel dan juga sistem CCTV nirkabel atau wireless. Kelebihan dari sistem CCTV kabel yaitu memberikan kualitas gambar yang terbaik tanpa adanya suatu gangguan. Kamera CCTV yang menggunakan kabel ini biasanya memakai colokan BNC yang bisa dihubungkan langsung dengan monitor televisi dengan memakai adaptor atau bisa juga disambungkan langsung ke DBD atau Digital Video Recorder. Sedangkan kelemahan dari sistem CCTV kabel ini yaitu proses instalasinya yang membutuhkan waktu lama serta sulit untuk dipindahkan ke lokasi yang lain.

Keunggulan dari sistem CCTV nirkabel atau wireless, yaitu kemudahan dalam proses instalasi, cepat dan juga terlihat lebih rapi. Kamera CCTV nirkabel atau CCTV wirelles internet ini menggunakan teknologi digital terbaru sehingga mampu untuk mencapai jangkauan hingga sejauh 200 meter. Akan tetapi, CCTV nirkabel atau wireless ini memiliki kelemahan yaitu akan ada kemungkinan untuk terjadinya suatu gangguan pada sinyal lain misalnya seperti jaringan wifi yang ada di lingkungan sekitar.

Jenis kamera CCTV selanjutnya yang berdasarkan tipe yaitu ada 3 jenis seperti kamera analog, IP camera serta kamera digital. Kamera CCTV IP atau kamera jaringan di mana cara kerja CCTV ini, yaitu dengan menerima dan mengirimkan suatu data dengan melalui jaringan internet. Kamera jaringan atau juga IP camera ini telah menawarkan kelebihan pada kemudahan aksesnya serta gambar yang dihasilkanpun bisa langsung dilihat oleh perangkat yang mempunyai koneksi internet. Akan tetapi, kamera CCTV IP ini memiliki kekurangan pada harga kamera CCTV yang mahal jika dibandingkan dengan kamera biasanya.

Sistem CCTV yang dibilang lengkap tentu saja akan membutuhkan perlengkapan perangkat misalnya seperti konektor, listrik,  serta aksesoris CCTV yang lainnya. Dengan tester CCTV dan juga monitor akan sangat membantu Anda dalam memeriksa di mana letak posisi kamera yang tepat.

Sedangkan beberapa jenis kamera CCTV yang lainnya yaitu sebagai berikut.

  • AHD Dome SDC-AHS322
  • AHD
  • AHD Camera
  • IP Wifi Camera SWC-IP720PT
  • IP
  • IP Camera
  • IP Speed Dome Camera SSD-AHG 12MS
  • Speed Dome
  • Speed Dome Camera
  • Explosion Proof Camera SMPT-EX-PTZ2
  • Explosion Proof
  • Explosion Proof Camera
  • Image
  • Camouflage
  • Camouflage Camera
  • Image
  • Box/Standard
  • Box/Standard Camera
  • Jenis Kamera CCTV

Cara Kerja Kamera CCTV

Kamera CCTV bukan hanya digunakan untuk membantu dalam penangkapan pencuri saja, akan tetapi kamera CCTV ini juga dapat membantu untuk menghentikan aksi bagi calon penjahat yang akan berusaha masuk ke suatu bangunan atau ruangan. Jika calon penjahat atau pencuri mengetahui keberadaan kamera CCTV tentu saja ia akan mengurungkan niatnya untuk melakukan kejahatan sebab ia takut jika tertangkap. Dengan menggunakan pemikiran tersebut maka langkah yang tepat apabila Anda meletakkan kamera CCTV yang terlihat jelas sehingga mudah untuk dilihat orang.

Akan tetapi, Anda juga perlu untuk menggunakan kamera CCTV yang tersembunyi. Hal tersebut dikarenakan pencuri yang sudah berpengalaman bisa saja melakukan suatu perusakan terhadap kamera CCTV yang terlihat jelas oleh mata. Nah untuk membantu Anda dalam menentukan kombinasiantara jenis kamera CCTV terbaik yang Anda butuhkan, maka Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar keamanan yang bisa Anda dapatkan informasinya dari perusahaan CCTV yang terdapat di kota Anda.

Surveillance Camera Dan Security Camera

Meskipun surveillance camera dan security camera ini terlihat seperti mempunyai arti yang sama, tetapi keduanya memiliki sedikit perbedaan. Beda antara surveillance camera dengan security camera yaitu apakah kamera itu memiliki sifat aktif ataukah pasif. Untuk surveillance camera memiliki sifat yang pasif. Kamera ini akan mengamati serta merekam apa saha yang sedang terjadi pada bidang pandangnya. Sedangkan security camera memiliki sifat yang aktif. Kamera tersebut akan mengirimkan user atas apa yang terjadi di bidang pandangnya secara tak terduga.

Perbedaan antara surveillance camera dengan security camera tersebut akan dapat berpengaruh besar, namun semuanya tergantung dari situasi-situasi tertentu saja. Misalnya seperti apabila kamera pengawas hanya dapat mengirimkan video saja ke monitor yang dapat dilihat oleh si penjaga keamanan setempat, maka fungsi dari kamera keamanan yang dipasang tersebut tergantung dari respon user tersebut.

Namun jika si penjaga tersebut kebetulan sedang lengah maka akan sulit untuk melakukan tindakan pencegahan dan juga keamanan. Akan tetapi saat ini kebanyakan dari kamera pengawas yang sudah modern telah dilengkapi dengan fitur yang bisa mendeteksi gerakan serta dapat mengirimkan notifikasi berupa email, sms sampai dengan bunyi sirine ke pemilik atau juga pihak yang berwenang.

Nah itulah tadi ulasan mengenai perkembangan dunia teknologi yang ditandai dengan canggihnya perkembangan kamera CCTV yang sudah tersedia dalam berbagai macam jenis. Bahkan Anda bisa dengan santai meninggalkan rumah Anda tanpa menyewa satpam, sebab kamera CCTV yang dipasang di rumah Anda bisa Anda jadikan pengganti satpam. Apalagi harga kamera CCTV lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa satpam.

Semoga artikel yang kami berikan ini bisa Anda ambil manfaatnya, terlebih lagi jika Anda bisa menemukan inisiatif untuk memasang kamera CCTV setelah membaca artikel dari kami ini.