Dimana Sih Penempatan Lokasi Kamera Cctv Yang Tepat Ini Jawabannya!

Dimana Sih Penempatan Lokasi Kamera CCTV Yang Tepat? Ini Jawabannya!

Penempatan lokasi kamera CCTV adalah salah satu bagian paling penting dalam menggunakan kamera CCTV. Karena meskipun Anda telah memilih kualitas kamera terbaik dengan harga yang mahal, gambar yang dihasilkan tidak akan sempurna jika Anda menaruhnya di lokasi yang tidak tepat. Maka dari itulah, agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya cari tahu dulu dimanakah lokasi penempatan kamera yang tepat.

Tips Memilih Penempatan Lokasi Kamera CCTV yang Tepat

  1. Perhatikan dulu apa yang mau Anda pantai dan dimanakah Anda bisa mendapat tampilan yang paling baik. Hal ini harus benar-benar diperhatikan saat Anda ingin menentukan lokasi kamera CCTV. Sehingga, dari sinilah Anda bisa mendapatkan hasil rekaman yang sesuai seperti yang Anda harapkan dan jarak tangkapnya juga sempurna. Tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat.
  2. Perhatikan bagaimana cara Anda menghubungkan kamera CCTV ini ke dalam sistem pemantauan. Karena kabel dan koneksi itu harus terhindar dari cuaca ekstrem, seperti hujan. Sehingga, pastikan bahwa Anda telah meletakkan kamera di tempat yang tepat yang jauh dari air hujan, begitu juga dengan kabelnya. Anda bisa menanam kabelnya di dinding supaya lebih aman.
  3. Perhatikan bagaimana cara Anda dalam menjaga kamera supaya jauh dari bahaya. Jadi, pastikan untuk memasang kamera ini di posisi yang tinggi. Setidaknya, letakkan kamera ini sedekat mungkin di area tertentu yang mau diawasi. Dimana posisi terbaiknya adalah lebih dari 4 meter. Sehingga, hal ini akan menyulitkan penjahat yang ingin merusak kamera Anda.
  4. Meskipun dibagian langit terlihat bagus saat dilihat tampilannya secara live view dari kamera, namun pelaku kejahatan tidak akan melakukan hal itu. Jadi, pastikan membuat kamera Cuma mempunyai tampilan langit yang seminimal mungkin di siang hari. Karena itu bisa membuat gambar latar depannya menjadi gelap dan kurang bagus juga hasilnya nanti.
  5. Sebelum meletakkan kamera CCTV Anda, pikirkan dulu tentang bagaimana para pencuri potensial tersebut kemungkinan besar akan mendekati rumah Anda. Letakkan kamera tersebut di tempat dimana kamera ini bisa mendapat gambar yang terbaik di tempat itu. Selain itu, meskipun casing kamera itu tahan air dan tahan cuaca, sehingga sulit dirusak. Namun, tidak untuk kabel konektornya.
  6. Anda membutuhkan perlindungan tambahan di bagian kabel dan konektornya. Selain itu, meskipun kamera Anda tahan cuaca dan anti air, namun bila kontaknya terlalu lama bisa membuat komponen internalnya rusak. Otomatis ini bisa mempengaruhi kinerja dari kamera Anda. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan penempatannya agar tidak sampai rusak sebelum pemakaian.

Hindari Ini Saat Memilih Lokasi Kamera CCTV

Semahal apapun kamera CCTV yang Anda beli, fungsinya tidak akan berjalan sempurna jika Anda salah memilih lokasinya. Maka dari itulah, sebaiknya hindari beberapa lokasi di bawah ini bila Anda ingin aman dalam memasang kamera CCTV di rumah. Dengan begitu, kamera Anda bisa terhindar dari mereka yang berniat merusak kamera Anda.

  1. Jangan pernah menekuknya dibagian sudut yang tajam. Jangan juga memasang kabelnya dekat dengan kabel listrik. Karena arus listrik itu bisa menciptakan noise yang mana akan merusak sinyal kamera. Selain itu, baik tidaknya gambar yang dihasilkan dipengaruhi oleh pencahayaan. Maka dari itulah, jangan menaruh kamera persis pada sumber cahaya. Karena itu bisa menyebabkan silau dan tidak memberi hasil yang jelas.
  2. Jangan menaruh lokasi kamera di area yang sembarangan tempat. Sehingga, hal ini bisa melindunginya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena bisa saja ada orang yang dengan sengaja ingin merusaknya. Maka dari itulah, tempatkan di area yang tinggi. Selain itu, jangan terlalu jauh meletakkannya dari DVR. Ini khusus untuk kamera dengan kabel. Sehingga, noise gambar bisa berkurang.

Penempatan Lokasi Kamera CCTV di Rumah

Mungkin menaruh kamera CCTV di rumah membuat Anda menjadi bingung. Karena Anda tidak tahu harus memulainya dari mana saja. Padahal, ini sangat penting sekali! Dimana di bawah ini akan kami jelaskan di lokasi mana saja yang paling baik untuk menaruh kamera CCTV di rumah. Sehingga, rumah Anda bisa lebih aman dari pencuri dan gangguan apapun. Inilah tempatnya:

  1. Pintu depan, ada 34% pencuri umumnya masuk lewat pintu depan. Sehingga, demi mencegah pencuri merusak kamera Anda, letakkan kamera ini di lantai 2 atau di langit-langit rumah yang menyorot pintu depan secara langsung. Bila Anda hanya punya 1 lantai, cobalah menambahkan pelindung tambahan agar kamera Anda terlindung oleh lemparan tongkat, batu, dan senjata.
  2. Pintu samping atau pintu belakang, ada 22% pencuri suka masuk lewat pintu belakang dan pintu samping. Maka dari itulah, penempatan lokasi kamera terbaik juga di pintu ini. Namun pastikan untuk menempatkannya jauh dari jangkauan tangan dan aman dari benda yang dilempar penyusup. Agar kamera Anda tahan cuaca, pilih yang weather proof, night vision, dan infrared.
  3. Jendela disamping rumah dan belakang rumah, jendela yang tidak terlihat dari jalan secara langsung membuat pencuri kerap membongkar area ini. Karena mereka memiliki banyak waktu untuk membongkar rumah tanpa terlihat banyak orang. Maka dari itulah, letakkan kamera Anda disini dimana ada jendela yang tidak terlihat dari jalan agar rumah Anda selalu aman.
  4. Gerbang pagar belakang atau halaman belakang, letakkan bagian rumah ini lengkap dengan lampu sorotnya dan juga sensor geraknya. Jangan lupa memilih kamera pengintai yang dilengkapi dengan night vision. Sehingga, rumah dan barang berharga Anda bisa lebih terlindungi. Bila halaman belakang Anda sudah diberi pagar, maka pastikan bahwa kameranya punya pandangan ke gerbang secara langsung.
  5. Tangga, basement, dan garasi, untuk bagian rumah ini umumnya sering dipakai oleh calon pencuri untuk bisa menyelinap masuk ke rumah Anda. Maka dari itulah, letakkan saja kamera di tangga rumah yang mengarahkan langsung ke ruang basement Anda. Sementara itu, untuk kamera yang diletakkan di garasi ini harus bisa mengcover jalanan masuk keluar di dalam garasi.

Hal Penting Setelah Menentukan Lokasi Kamera CCTV

Setelah Anda menemukan dimanakah letak terbaik menentukan lokasinya, maka Anda harus menentukan pula apakah pencuri nanti bisa melihat kamera Anda atau tidak. Kamera yang jelas terlihat bisa mencegah mereka untuk melakukan tindakan pencurian. Namun sayangnya, hal ini justru memudahkan mereka untuk merusaknya, khusus untuk pencuri yang bandel atau bahkan membawa pistol.

Anda bisa memasang kamera CCTV kamuflase yang dilengkapi dengan detektor asap, jam, dll. Jika Anda memiliki uang lebih, coba saja untuk memakai metode hybrid. Cara ini memudahkan Anda bisa melihat dengan jelas dari jarak manapun. Anda bisa meletakkan kamera kamuflase di lokasi kamera yang Anda inginkan, agar saat ada kamera yang dirusak, masih ada kamera lain yang merekamnya.