Cara Tarik Data Dari Mesin Absensi Fingerprint Solution Karyawan Menggunakan MySQL

Pengembangan teknologi sudah menuju kearah yang semakin canggih, bahkan semakin lama tidak dapat dihindari. Hal ini menuntut seseorang untuk terus berpikir maju dan mengikut arus perkembangan jaman agar tidak tertinggal dengan yang lain. Tentu saja orang merasa dimudahkan dengan munculnya teknologi biometrik yang lebih efisien.

Teknologi Bio Finger

Penerapan teknologi biometrik diterapkan pada perusahaan untuk mengatur masalah absensi karyawan. Apabila dulu untuk absen saja perlu datang pagi-pagi dan mengantri, sekarang banyak perusahaan yang menerapkan sistem absen menggunakan fingerprint yang disebut sebagai bio finger. Absen menggunakan sidik jari sangat memudahkan bagi karyawan, baik itu karyawan yang melakukan absensi, maupun staff HR.

Tools Yang Digunakan Untuk Menarik Data

Dalam menarik data absen dari mesin fingerprint solution menggunakan MySQL tergolong cara yang lama. Data tersebut kemudian akan ditampilkan kembali dengan skrip PHP. Ini merupakan cara alternative selain menggunakan metode SOAP. Karena tergolong sebagai cara lama yang sedikit tradisional, maka proses pengambilan datanya juga cukup lama. Untuk itu dibutuhkan beberapa tools agar berjalan dengan baik.

Akses Ke Mesin Fingerprint Solution

Tools pertama yang harus ada untuk menarik data absen adalah terdapat akses ke mesin absensi. Akses yang dibutuhkan berupa alamat IP, nama user dan password. IP merupakan singkatan dari Internet Protocol berup serangkaian nomor yang dimiliki oleh setiap perangkat yang menunjang internet. Nomor tersebut digunakan untuk mengidentifikasi perangakat terhubung pada jaringan TCP absen digital.

Sedangkan untuk nama user dan password diperlukan agar bisa masuk ke dalam sistem. Apabila kesulitan, ketiga hal tersebut dapat dilihat pada manual book mesin absensi. Bisa juga menanyakan secara langsung pada pihak SDM atau PIC yang mengetahuinya. Nama user dan password tidak boleh tersebar dan hanya beberapa orang yang mengetahui agar tidak terjadi penyalahgunaan.

  • MySQL For Excel Add-In

Dalam penarikan data, MySQL for Excel Add-In merupakan tool yang digunakan untuk mengekspor atau import data dari Microsoft excel ke MySQL atau sebaliknya. Tools tersebut perlu diinstal dan diakses dalam tab data Microsoft excel. Tools ini menawarkan data antarmuka, seperti tabel, wizard untuk membantu menelusuri skema, dan melakukan pengoperasian data.

  • MySQL Manager

MySQL Manager merupakan aplikasi yang termasuk dalam Mac OS X Server. Tool ini memiliki kemampuan untuk memulai dan menghentikan layanan database yang berasal dari server. Perbedaan tool ini dengan server lain adalah tool ini hanya bisa diinstal pada server atau perangkat itu sendiri. Dalam penarikan data absensi, MySQL Manager digunakan untuk melakukan operasi tabel.

  • XAMPP for Windows

XAMPP for windows diperlukan untuk server Apache dan server DB MySQL. Pada dasrnya, XAMPP ini merupakan perangkat lunak yang mendukung terhadap berbagai sistem operasi dan merupakan perpaduan dari beberapa program. Tool ini sering digunakan sebagai server yang dapat berdiri sendiri. XAMPP singkatan dari X (mewakili simbol yang dapat dijalankan pada banyak program, seperti Wndows, Linux, Mac dan Solaris), Apache, MySQL, PHP dan Perl.

  • Codelobster

Tool ini merupakan sebuah framework editor PHP yang mendukung beberapa jenis plug-in, seperti joomla, Drupal Zen, Symfony, jquery, WordPress, dan yang lainnya. Dalam codelobster disebut sebagai IDE (Integrated Devekopment Environment) yang menawarkan beragam fungsi. Fitur dari codelobster terbilang lebih baik dari yang lain. Beberapa fitur utama yang ditawarkan adalah autocomplete, color coding, help, koneksi database, remote development, dan debugger.

Cara Mengambil Data Absen Fingerprint Karyawan

Data absen yang telah tersimpan dalam database, perlu dilakukan penarikan data. Dari tarikan data tersebut kemudia akan terlihat informasi kehadiran seluruh karyawan. Tentu saja hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dalam suatu perusahaan, bagian SDM atau HR bertanggung jawab terhadap penarikan data dari mesin absen digital tersebut. Untuk itu diperlukan langkah yang tepat.

  • Langkah Pertama

Pertama kali yang harus dilakukan adalah membuka halaman web konfigurasi mesin fingerprint solution. Kemudian mengetikkan user name dan password pada halaman login untuk mengakses website. Sebaiknya dilakukan pergantian password secara berkala apabila mesin terhubung dengan jaringan internet agar tidak mudah diretas oleh tangan yang tidak bertanggung jawab.

  • Langkah Kedua

Setelah berhasil masuk ke sistem tinggal klik menu terminal, kemudian download. Terdapat periode waktu yang dapat dipilih untuk menentukan rentang tanggal penarikan data. File yang didownload adalah yang memiliki ekstensi .dat. Hasil download file tersebut dibuka menggunakan excel dengan memastikan terlebih dahulu MySQL for Excel telah diinstal. Untuk selanjutnya akan muncul kotak Text Import Wizard yang akan melakukan konversi file .dat ke dalam format yang dikenali oleh excel. Akan muncul konversi excel berbentuk tabel yang sesuai dengan kolom.

  • Langkah Ketiga

Apabila terdapat perbedaan data, maka harus dilakukan penyesuaian. Setelah itu hanya perlu mengedit apa yang diperlukan dn menghapus yang tidak perlu. Penyesuaian data dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan pada tabel MySQL. Apabila record yang masuk mencapai ribuan, maka perlu dilihat record terakhir sebelum melakukan export atau menambahkan excel ke dalam MySQL. Nilai atau data yang ada lebih dari satu bisa menyebabkan kegagalan pada proses export. Ini dikarenakan terjadi duplikasi pada primary key. Maka dari itu data yang diambil harus benar-benar dicek terlebih dahulu.

  • Langkah Keempat

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan MySQL for Excel yang ada pada menu Data. Dari situ akan dibuat koneksi baru menuju database. Kemudian pilih Database dilanjutkan dengan tabel yang akan diekspor. Kemudian memilih seluruh cell yang berisi data. Maka akan muncul dialog box mengenai ekspor data. Pilihlah Mappng Method yang Automatic, lalu tekan Append. Apabila berhasil maka akan muncul tampilan menu yang menyatakan data sukses

Mengatasi Laporan Gagal Saat Download Fingerprint Menggunakan Flashdisk

Ada kalanya terjadi masalah gagal saat mendownload atau menarik data absensi fingerprint. Ini bisa saja dsebabkan karena ada perbedaan perlakuan pada setiap mesn, tergantung dari karakter mesin itu sendiri. Hanya saja perlu diperhatikan mengenai flashdisk yang digunakan. Terkadang mesin fingerprint solution hanya menerima flashdisk dengan model USB kosong berformat FAT32.

Cara mendownload data absensi dari mesin ke flashdisk cukup mudah. Flashdisk kosong berformat FAT32 diicolokkan langsung pada mesin fingerprint. Setelah itu melakukan login untuk masuk ke sistem. Pilih menu mengunduh laporan dengan cara memasukkan rentang waktu data yang dibutuhkan. Selanjutnya klik OK dan tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan sukses mengunduh data. Hasil download segera bisa diproses pada komputer atau laptop.

Cara tarik data dari mesin absensi karyawan terbilang cukup mudah apabila dilakukan secara runtut dan benar. Hanya saja meskipun mesin fingerprint menawarkan kemudahan, tetap harus dilakukan pengecekan agar laporan dapat disajikan secara tepat.