Aturan Ukuran Foto Paspor Dan Foto Visa Ke Luar Negeri

Paspor dan visa menjadi dokumen wajib yang harus dibawa saat berkunjung ke luar negeri dengan tujuan tertentu. Kedua dokumen ini mengandung informasi mengenai data diri, seperti kewarganegaraan. Tanpa ada kedua dokumen tersebut, sudah dipastikan seseorang tidak bisa memasuki negara lain dengan aman. Karena seluruh informasi dalam paspor dan visa sangat penting, maka ditempelkan juga pas foto terbaru. Tentu saja ada ketentuan dan aturan yang harus dipenuhi dalam pembuatan paspor dan visa.

Ketentuan Foto Paspor

Salah satu persyaratan yang berkaitan dengan dokumen adalah pas foto, begitu juga dengan paspor. Saat mengajukan paspor ke kantor imigrasi maka perlu melampirkan pas foto yang telah dicetak. Agar tercipta keseragaman, maka diperlukan ukuran foto paspor yang telah disesuaikan. Ketentuan foto paspor mengikuti ketentuan yang berlaku. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat pas foto untuk paspor.

Pas Foto Untuk Pengajuan Paspor

Pas foto yang diberikan kepada petugas imigrasi saat pengajuan pembuatan paspor harus sama semua. Foto yang diberikan harus diambil langsung dari pemohon, bukan berasal dari foto yang telah ada. Jangka waktu pas foto yang bisa digunakan paling lama enam bulan dihitung dari pengajuan. Dibagian belakang foto disertakan pula cap studio dan tanggal pemotretan.

Foto yang diambil menggunakan latar belakang putih polos. Hal ini bertujuan untuk menonjolkan ciri-ciri pemohon agar bisa dibedakan dengan jelas. Bayangan pada foto seharusnya tidak terlihat. Pencahayaan harus merata untuk mencegah timbulnya bayangan pada pundak, muka dan daerah sekitar telinga.

Ukuran Foto Paspor

Ukuran pas foto yang dianjurkan adalah 4×6 cm sebanyak tiga lembar. Foto diambil secara close-up. Bagian yang diambil gambar dari kepala dan bahu. Muka dari pemohon harus memenuhi foto sekiitar 25% dari seluruh frame foto. Panjang raut muka dari dagu dan kepala memiliki standar 31mm hingga 36mm. sebisa mungkin menggunakan kertas yang glossy atau mengkilat.

Ekspresi dan Rupa Wajah

Ekspresi yang ditunjukkan pada pas foto adalah normal. Ini berarti tidak boleh tersenyum apalagi sampai menunjukkan gigi. Mulut dalam kondisi tertutup. Agar raut muka terlihat jelas maka mata harus dalam kondisi terbuka. Saat ini sudah ada peraturan tidak boleh menggunakan kacamata untuk foto paspor. Hanya saja apabila memiliki masalah kesehatan dan diharuskan mengenakan kacamata, maka boleh digunakan asalkan mata dapat terlihat jelas. Kacamata yang digunakan diharapkan tidak menimbulkan pantulan yang menyebabkan terdapat bayangan pada wajah. Penggunaan kacamata hitam tidak bisa ditoleransi. Hasil foto yang terkena efek red light juga tidak bisa digunakan sebagai dokumen pelengkap untuk membuat paspor.

Ketentuan Foto Untuk Pengajuan Visa

Saat mengajukan pembuatan paspor, biasanya dibarengi dengan pengajuan visa. Seseorang perlu mengajukan pembuatan visa sebagai surat ijin memasuki wilayah negara lain. untuk itu, foto visa juga harus memenuhi aturan tertentu. Foto yang tidak memenuhi kriteria dapat membuat proses pengajuan berjalan lebih lama dari biasanya. Apabila ingin memperbarui visa, foto yang dilampirkan pada form pengajuan tidak boleh sama dengan foto visa sebelumnya. Berikut ini aturan untuk ukuran kepala dan dimensi foto.

  • Ukuran Kepala

Ketinggian kepala diukur dari atas kepala sampai ke bagian bawah dagu sebesar 50% hingga 70% dari tinggi total foto. Sedangkan tinggi mata diukur dari bagian bawah foto hingga tingkat mata. Ukurannya sebesar 55% hingga 70% atau sekitar 2/3 dari tinggi foto.

Segala bentuk aksesoris kepala, seperti topi harus dilepas kecuali dikarenakan alasan agama. Penutup yang dijadikan sebagai aksesoris kepala akan membuat foto visa menjadi kurang bagus. Bagi pemohon yang memakai hijab atau penutup kepala lain dikarenakan alasan agama, tetap diperbolehkan asalkan wajah terlihat jelas. Hijab dan penutup kepala lain harus dipastikan tidak boleh menutupi sebagian wajah dan tidak ada bayangan yang menghalangi pengambilan gambar.

  • Dimensi Foto

Dimensi foto yang dilampirkan pada form pengajuan visa berbentuk persegi. Ini berarti ukuran panjang dan lebar foto sama di keempat sisinya. Dimensi minimum yang digunakan adalah 600 pixel x 600 pixel, sedangkan untuk dimensi maksimum adalah 1.200 pixel x 1.200 pixel.

Ketentuan Foto Visa Di Beberapa Negara

Visa menjadi dokumen penting yang harus ditunjukkan ketika memasuki batas wilayah negara, baik itu melalui transportasi darat, laut dan udara. Setiap negara pun memiliki ketentuan yang berbeda-beda tentang pas foto yang diperlukan, terkait dengan ukuran, dimensi, latar belakang dan lain-lain. agar tidak terjadi masalah maka ketentuan foto pengajuan visa berikut ini bisa dijadikan gambaran.

  • India

Untuk mengurus visa India ada dua pilihan, yaitu dengan menggunakan Tourist Visa biasa dan e-Tourist Visa yang disebut juga dengan visa elektronik. Apabila mengurus Tourist Visa, maka memerlukan pas foto yang ukurannya sama dengan foto paspor sebanyak dua lembar. Wajah harus terlihat jelas dan berlatar belakang putih polos. Sedangkan untuk mengurus e-Tourist Visa, membutuhkan file foto berformat JPEG yang diunggah. Ukuran minimal file foto tersebut adalah 10 KB dan ukuran maksimal 1 MB. Dimensi foto yang dibutuhkan sebesar 350 pixel x 350 pixel. Foto yang diunggah menghadap muka dan berlatar belakang putih.

  • Australia

Foto visa untukberkunjung ke negeri kangguru harus menghadap depan dengan ukuran 4,5 cm x 3,5 cm. Nantinya foto ini akan ditempelkan pada halaman depan formulir permohonan. Tidak ada ketentuan warna latar belakang foto, akan tetapi lebih baik menggunakan warna putih polos seperti foto paspor pada umumnya dan foto terlihat jelas.

  • Amerika Serikat

Dalam mengurus visa ke Amerika Serikat, perlu menyiapkan satu lembar foto terbaru. Foto menghadap depan dan latar belakang berwarna putih polos. Ukuran fotonya 5 cm x 5 cm. Foto tersebut dilampirkan ke dalam dokumen dan dibawa saat menghadiri wawancara.

  • Jepang

Pengajuan visa biasa untuk berkunjung ke negara Jepang, perlu menyiapkan pas foto terbaru. Ukuran foto yang diperlukan adalah 4,5 cm x 4,5 cm dan diambil dalam enam bulan terakhir. Pas foto diambil tanpa latar, terlhat jelas dan bukan dari hasil editing. Apabila tidak ingin repot mengurus visa, maka perlu membuat e-Paspor. Dengan adanya e-Pasport, bisa menikmati bebas visa hingga 15 hari sehingga cocok sekali apabila menjadikan Jepang sebagai tempat berlibur singkat.

  • Korea Selatan

Pengajuan visa Korea Selatan terbilang cukup mudah. ini dilakukan dengan syarat melampirkan satu lembar foto berwarna berukuran 3,5 cm x 4,5 cm. Pada formulir aplikasi visa latar belakang foto yang disarankan berwarna putih. Foto harus tampak depan dan jelas. Lebih penting lagi foto yang diserahkan adalah foto terbaru.

Itulah keterangan yang dapat dijadikan referensi saat memiliki rencana keluar negeri. Paspor dan visa selalu dibawa bersama. Agar mendapat kelancaran dalam mengurus dokumen tersebut maka segala ketentuan wajib dipenuhi.